Didiklah Orang Muda, Agar Masa Tuanya Tidak Menyimpang Dari Jalan Tuhan

0
86
BERSUKACITA DALAM KASIH ALLAH (mauliutus.org)

Bacaan Setahun:
Kejadian. 22-23
Lukas. 15

TIPE ORANG TUA
“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.“Amsal 22:6

Banyak orang tua merasa dipusingkan dengan anak-anak zaman sekarang (kids zaman now). Mereka merasa aneh dan sulit memahami tingkah laku, nilai-nilai, pola pikir anak-anak zaman sekarang.

Mereka merasa anak-anak zaman sekarang sangat berbeda dengan mereka saat mereka kecil, tetapi bagaimanapun juga kita sebagai orang tua harus tetap mendidik anak-anak kita menurut jalan yang patut baginya yaitu menurut kebenaran Firman Tuhan. Sebab hanya Firman Tuhanlah yang mampu menjaga anak-anak kita hidup benar dihadapan-Nya (Mazmur 119:9).


Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Para orang tua mendidik anak mereka dengan bekal pengetahuan mereka akan pola asuh orang tua mereka dahulu, yang kemudian diturunkan kepada anak mereka. Ada beberapa tipe orang tua yang bisa kita pelajari sehingga kita mampu mendidik kids zaman now dan kita menjadi parent zaman now.

Pertama, orang tua yang berorientasi pada prestasi, yaitu orang tua yang selalu menuntut anak-anaknya selalu berprestasi. Penerimaan mereka ada ketika anak-anak mereka membawa sesuatu buat mereka. Kedua, orang tua yang pasif, yaitu orang tua yang kurang berkomunikasi dengan anak-anak mereka. Tipe orang tua ini cenderung menyerahkan pendidikan anak-anak mereka kepada sekolah atau guru sekolah minggu.

Ketiga, orang tua yang tidak hadir. Sekalipun keberadaan mereka ada di rumah namun orang tua tipe ini tidak berfungsi secara maksimal. Mereka terlalu disibukkan dengan pekerjaan sehingga kurang memperhatikan keberadaan anak-anaknya.

Keempat, orang tua yang otoriter, orang tua type ini kurang memberikan ruang bagi anak-anaknya untuk mengemukakan pendapatnya. Apa yang orang tua sudah putuskan, anak harus menurutinya tanpa melihat potensi yang ada pada anak-anaknya. Kelima, orang tua yang kasar, yaitu orang tua yang mendidik anak-anaknya dengan kekerasan, pukulan atau cambukan. Orang tua tipe ini cenderung mendisiplin anak-anaknya dengan keras.


Keenam, orang tua yang baik, orang tua tipe ini mampu memberikan kasih dan disiplin yang seimbang. Mereka senantiasa membangun komunikasi dua arah dengan anak-anaknya sehingga anak-anak menjadi terbuka. Mereka mampu melihat potensi dan kebutuhan anak-anaknya dengan baik.
Dari tipe-tipe orang tua tersebut mari kita koreksi dan perhatikan pola didik kita sebagai orang tua, sehingga kita tidak lagi merasa dipusingkan dengan anak-anak zaman sekarang karena kebaikan anak-anak kita di masa depan dimulai dari cara orang tua mendidik mereka. Anda setuju? (RSN)

Questions :
1. Sudahkah kita mendidik anak-anak kita menurut kebenaran-Nya?
2. Tipe orang tua seperti apa Anda dalam mendidik anak-anak Anda?

Values :
Mendidik anak tak hanya sebatas memberikan pendidikan akademis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kebenaran-Nya lewat teladan hidup kita.

Kebaikan dan keberhasilan anak-anak kita di masa depan dimulai dari cara orang tua mendidik mereka di masa kini.
“Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya.”
__ Amsal 16.9

Tuhan memberikan kepada kita akal dan kreativitas. Memampukan kita untuk menalar dan mengartikan kejadian dalam kehidupan kita.

Namun kepandaian yang kita miliki tetap tidak bisa menyaingi ataupun menyelami jalan pikiran Tuhan. Dia Alfa dan Omega, Ia yang merancang dan menciptakan kita masing-masing dengan jalannya sendiri.

Semakin kita memberontak dan ingin mengikuti jalan kita sendiri, maka makin sakit dan makin lama pula proses yang perlu kita lalui.

Sudahkah kita berserah sepenuhnya kepada Tuhan? (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here