Ketua KPU Pegubin : 108.355 Surat Suara Disortir dan Dilipat, Siap Distribusi ke 34 Distrik

0
152
Ketua KPU Kabupaten Pegunungan Bintang, Titus Lao Mohy, saat memberikan keterangan kepada media. (Arief /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pegunungan Bintang tenga melakukan penyortiran, pelipatan dan pengepakan ribuan surat suara yang selanjutnya akan didistribusikan ke 34 Distrik 277 Kampung di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Pegunungan Bintang Titus Lao Mohi,S.Si.M.Si, saat mengecek langsung ke gudang logistic di Sentani, Selasa (25/11 /2020).

Ia menjelaskan bahwa, proses pelipatan dan penyortiran kertas suara sementara ini dikerjakan oleh bidang logistic dan dikawal ketat oleh aparat keamana Polres Kabupaten Pegunungan Bintang dan juga bawaslu Kabupaten Pegunungan Bintang. Ketua KPU berharap proses tersebut berjalan dengan baik dan lancar sehingga segerah di ditribusikan ke 34 Distrik yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang.

“ya saya harap ini alat negara sehingga kita sama-sama bertanggungjawab untuk menjaga dengan baik, teman-teman yang bekerja mengurus bagian ini harus professional, sehingga pada tahap proses pelipatan, sortir dan pengepakan bisa berlangsung dengan baik dan kita harapkan bisa didistribusikan ke masing-masing Distrik secepatnya, saya ingatkan juga bahwa tidak boleh barang ini keluar dari tempat ini sepengetahun KPU, Bawaslu dan pihak keamanan”tegas Mohi mengingatkan.

Pada kesempatan itu Divisi Pengawas Bawaslu Kabupaten Pegunungan Bintang, Yanus Tepmol mengatakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara adalah tanggungjawab bersama baik Bawaslu maupun KPU, sehingga harus dikawal bersama-sama sampai pada distribusi nanti ke masing-masing Distrik. “tugas kami mengawasi sehingga kami siap disini dua puluh empat jam untuk mengawasi sampai distribusi ke distrik masing-masing,” terang Yanus.

Ditempat yang sama, Koordinator Bidang Logistik Marthinus Tumanan mengatakan siap melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab. “ ya jadi setelah diserahkan kepada kami sebagai pengawas gudang pada hari ini (selasa 25 red) kami akan melakukan sortir sekaligus pelipatan surat suara yang akan dialokasikan ke masing-masing TPS , tentu dihitung berdasrkan DPT, ditambah dengan cadangannya.

Setelah semua logistic di pak/ TPS maka, selanjutnya akan dikirim ke distrik masing-masing,” terangnya.

Diperkirakan pada H-5 suda mulai bergeser ke Distrik-distrik dan di utamakan ke Distrik yang jauh atau tersulit. “Itu yang akan dikirim lebih dulu sambil kita kerjakan yang lain, sehingga proses ini kita harapakan H-3 semua suda klar. Sementara wilayah Oksibil bisa H-1 kita distribusikan di Kantor KPU Oksibil. Diketahui bahwa Jumla TPS di Kabupaten Pegunungan Bintang sebagai peserta pilkada serentak pada 9 Desember 2020 adalah 383 TPS 34 Distrik dan 277 Kampung, sementara logistic surat suara 108.355 (seratus delapan ribu, tiga ratus lima puluh lima) lembar itu suda termasuk cadangan dan kemungkinan yang rusak.

“ jadi nanti kita akan hitung dan sortir sesuai dengan jumlah kebutuhan per TPS, sehingga diharapkan nanti yang didistribusikan adalah yang bebas dari yang cacat, kita berharap seluruh tahapan dan proses ini dapat berjalan dengan baik dan lancer demi mensukseskan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Pegunungan Bintang. (mozes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here