Jalan Trans Irian Jaya, Rusak, Menyusahkan Masyarakat, Minta Diperbaiki

0
248
Jalan Trans Irian Jaya, Rusak, Menyusahkan Masyarakat, Minta Diperbaiki. Richard (LPC)
Jalan Trans Irian Jaya, Rusak, Menyusahkan Masyarakat, Minta Diperbaiki. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) — Jalan Trans Irian Jaya atau Jalan Papua Tengon yang menghubungkan bebarapa Kabupaten di Provinsi Papua yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keroom, Yalimo, Jayawijaya, Mamberamo Tenggah, dan Pengunungan Bintang. Mengalami kerusakan parah. Penguna jalan dan masyarakat setempat, minta pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut.

“Jalan Trans Irian Jaya ini sudah ada sejak Tahun 1999, sebelum ada pemekaran kabupaten-kabupaten baru di Papua, jalan ini sudah ada. Dan dikerjakan oleh PT.Ninya Karya Persero (NK). Untuk akses jalan darat, yang menghubungkan Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keroom, Yalimo, Jayawijaya, Mamberamo Tenggah dan Pengunungan Bintang. Kini dalam keadaan belum teraspal dan rusak parah, bahkan berlumpur-lumpur,” kata Lambert, salah satu masyarakat, yang melintasi jalan rusak itu kepada Wartawan, Rabu (03/11/2020).

“Sempat 2014, Jalan Trans Irian Jaya-Papua Tengon ini diaspal. Tapi pengaspalannya hanya sampai di batas Kabupaten Keroom saja. Sementara jalan ke arah Distrik Airu, Distrik Benawa hingga Kabupetan Yalimo tidak diaspal”, sebut Lambert.

Tampak Eksavator,  saat menarik mobil yang terjebak dalam lumpur. Richard (LPC)
Tampak Eksavator, saat menarik mobil yang terjebak dalam lumpur. Richard (LPC)

Dikatakan Lambert, sekarang ini, karena jalannya rusak parah, ia harus berjam-jam bahkan berhari-hari ditenggah jalan. Lantaran kendaraan yang ia tunpangi, tertanam dilumpur.
“Kalau ke Distrik Airu normalnya 12 Jam, tapi sekarang bisa tiga hari sampai seminggu bermalam di jalan. Dan kalau sampai ke Distrik Benawa, biasanya 15 Jam, sekarang bisa berminggu-berminggu bermalam di jalan”, ujar Lambert, dengan nada sedih.

Ia pun berharap, kepada beberapa Pemerintah Kabupaten terkait, maupun Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Pusat. Dapat memberikan perhatian, untuk memperbaiki jalan tersebut. Sebab dari tahun ke tahun, jalan itu selalu menjadi masalah.pungkasnya. (Richard/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here