MENGATASI KETIDAKPASTIAN

0
207

Renungan saat teduh
Kamis, 26 November 2020

Tema:
MENGATASI KETIDAKPASTIAN

BACAAN ALKITAB HARI INI
Yakobus 4:13-17

Yakobus 4:14
Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

RENUNGAN MOTIVASI

Surat Yakobus 4:14 menyatakan bahwa kita tidak tahu apa yang akan terjadi hari esok, itu berarti bahwa hidup ini penuh dengan misteri, bahkan dalam upaya pencapaian sebuah mimpi dari seseorang, bisa sangat mungkin jika apa yang di impikannya akan berubah menjadi mimpi yang buruk.

Olehnya hal tersebut seharusnya menggugah pemikiran kita tentang betapa pentingnya menyerahkan segala rencana kita kepada Tuhan, atau melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan.

Pengalaman kegagalan harus menjadi pelajaran penting bagi kita, agar kita tidak mengendalikan hidup hanya berdasarkan kehendak diri sendiri untuk pencapaian sebuah impian, yang jika dipaksakan justru akan membawa pada kehancuran.

Ini bukan berarti membuat pembatasan terhadap impian dan obsesi seseorang, karena memiliki impian dan obsesi yang tinggi itu tidak salah.

Tetapi melalui pembacaan Alkitab hari ini kita diajarkan bagaimana melakukan pendekatan terhadap hal-hal yang ingin kita capai dengan melibatkan Tuhan, karena segala sesuatu sangat dekat dengan ketidakpastian. Di dalam surat Yakobus 4:15, mengatakan sebagai berikut; “Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” Jika kita menyampaikan sesuatu kepada Tuhan tentang hal-hal apa saja yang akan kita lakukan, maka kita juga harus memberikan kesempatan kepada Tuhan untuk memberikan koreksinya, sehingga jika apa yang kita impikan, hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita tidak menjadi kecewa.

Kita harus memiliki iman yang teguh di dalam Tuhan, apapun yang terjadi dalam perjalanan hidup kita, bahwa Tuhan sudah merancangkan rancangan damai sejahtera kepada kita dan bukan rancangan kecelakaan, dan untuk memberikan kepada kita masa depan yang penuh harapan. (Yeremia 29:11)

REFLEKSI DIRI
1. Pernahkah kita alami Kegagalan karena tidak melibatkan Tuhan?
2. Apa keuntungan yang akan kita dapatkan, jika kita melibatkan Tuhan dalam hal-hal yang akan kita putuskan?

POKOK DOA
Bapa kami di Sorga, hari ini kami sangat bersyukur untuk nasehat yang Tuhan berikan kepada kami. Mulai hari ini dan seterusnya kami berkomitmen untuk menyerahkan segala rencana kami dalam tangan-Mu. Karena kami yakin bahwa kepastian dalam segala sesuatu hanya ada di dalam Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Menyerahkan segala rencana kita kepada Tuhan.

HIKMAT HARI INI
Ketidakpastian hidup harus menjadi pintu harapan setiap orang untuk datang kepada Tuhan.

==========================

Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita secara nyata.

Shalom, selamat pagi, selamat bersaat teduh, kiranya Tuhan Yesus memberkati aktifitas kita sepanjang hari ini.
Salam Pemenang. 🙏✝

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here