Bahas Isu Politik Papua di Kawasan Pasifik Selatan, Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNCEN Gelar Kuliah Umum Bersama Kedubes Selandia Baru

0
203

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kuliah umum ini diadakan dalam rangka membekali mahasiswa program studi Hubungan Internasional FISIP  Uncen tentang dinamika ekonomi, politik, dan keamanan di kawasan Pasifik Selatan. Kuliah umum ini bagian dari mata kuliah Dinamika Kawasan Pasifik Selatan yang sedang diajarkan kepada Mahasiswa HI Fisip Uncen semester 5 saat ini.

“Kuliah umum ini juga terbuka untuk peserta dari luar, teruta para aktivis Papua dan para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Papua,” ujar Dosen Hubuungan Internasional, Marinus Yaung, kepada lintaspapua.com, di Jayapura, Kamis, 26 November 2020.

Dirinya selaku Staff Dosen Hubungan Internasional FISIP Uncen berrharap, nantinya mahasiswa  bisa ikut sebagai peserta, agar bisa bertanya langsung kepada Bapak  Dubes tentang Perkembangan terkini isu Papua di kawasan Pasifik Selatan.

“Apakah isu Papua masih menjadi isu penting atau sudah tidak penting lagi karena adsnya pandemi covid19,” jeasnya.

Diakui, disamping pertanyaan dari Aktivis Papua, para pelaku UMKM di Papua juga bisa berdiskusi dan bertanya jawab dgn Pak Dubes tentang peluang dan potensi pasar perdangan produk – produk komoditas unggulan di pasar Pasifik Selatan.

“Bagaimana caranya memasarkan kopi mounemani, kopi ambaidiru, kopi wamena, kopi yahukimo ke Pasar Pasifik Selatan,” tutur Dosen Marinus Yaung.

Ditambahkan, abwha disamping itu juga produk – produk hasil olahan Sagu adalah produk yang peminatnya paling tinggi saat ini di pasar Pasifik Selatan

“Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan Prodi HI Fisip Uncen semakin bisa berkontribusi lebih banyak lagi terhadap masa depan Papua, terutama proses mengkonektivitas kawasan timur  Indonesia dengan Pasifik Selatan, terutama dengan negara – negara Melanesia sebagai lingkungan strategis regiional indonesia saat ini,” tuturnya menjelaskan. (Dhoto/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here