Ricko Taruna : Tim Judo Papua Kian Matang Hadapi PON XX

0
123

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Judo Papua hingga saat ini sepenuhnya sudah siap dalam menghadapi perhelatan PON XX yang terhitung tinggal 11 bulan kedepan.

Ketua Pengurus Provinsi Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Papua, Kombes Pol Ricko Taruna Mauruh, megungkapkan dari segi persiapan para atlet dan official sudah sangat siap. Hanya saja menurut Ricko, diwaktu tersisa ini pihaknya masih terus melakukan pematangan untuk mencapai hasil yang memuaskan sesuai dengan target yang ingin di capai sebagai juara umum.

“Semoga waktu yang tersisah ini kita bisa optimalkan lagi, sehingga kita bisa mencapai empat mendali emas,” ujranya ketika diwawancarai, Kamis (19/11) siang.

Bahkan kedepan sesui proges yang dijadwalkan Tim Judo PON Papua akan menjalani TC di Korea Selatan, sembari saat ini menunggu waktu untuk menjalani kesiapan di Bali.

“Untuk kesiapan sudah kami komunikasikan, sementara kita TC di Bali hingga bulan Febuari atau bulan Maret lakukan kami akan lakukan training di Korsel untuk pematangan akhir,” katanya.

Disinggung terkait venue Judo di Kabupaten Mimika, Kata pria yang menjabat sebagai Dir Krimsus Polda Papua ini sudah hampir rampung, hanya saja adad beberapa yang nantinya akan disiapkan.

“Venue di Mimika saat ini sudah dalam persiapan tinggal melengkapi saja, yang jelas kami meminta dukungan semua pihak,” ujarnya.

Ricko juga, menyinggung program PJSI Papua yang kedepannya akan ada progress pembangunan padepokan Judo di Papua yang nantinya akan diharapkan dapat melahirkan serta menjadi kiblat generasi judo bukan hanya Papua terkenal dengan Kiblat sepakbola di manca Negara.

“Kita bicara jangka panjang, dan yang akan melahirkan para atlit masa depan yakni kalian yang saat ini membawa nama Papua dalam kompetisi PON, tidak ada orang lain, maka perjuangkan nama baik Papua dan Padepokan itu akan menjadi kiblat Judo di Papua,” katanya.

Ia pun selalu mengingatkan para atlit selalu menjaga kesehatan di masa pendami dengan mentaati protokol kesehatan yang ada, serta selalu berjuang dalam membawa nama harum Papua dalam PON XX yang mana Papua sendiri sebagai tuan rumah.

“Jangan pernah mengecewakan masyarakat, kita bawa nama Papua dan kita sebagai tuan rumah, maka berjuanglah dengan sekuat tenaga, kami sebagai pengurus akan selalu mensport kalian demi merai prestasi gemilang,” tegasnya.

Sementara itu ketua Harian PJSI Papua Kombes Pol. Sondang R.D. Siagian, secara umum kondisi fisik dan psikis atlit dalam keadaan sehat dan sukacita serta kompak ini tentunya sangat mendukung dalam program latihan.

Bahkan menurut laporan, kata Dir Samapta progres dari program yang diberikan kepada atlit baik dari aspek kekuatan serta teknik dan saat ini masih terus dikembangkanb dan memberikan apresiasi terhadap satu atlit yang berbicara di kejurnas KATA serta

“Kami terus berikan semangat serta tetap fokus berlatih, bahwa semua atlit punya kesempatan dan peluang untuk meraih medali emas pada Papua sebagai tuan rumah PON XX,” terangnya.

Ditempat terpisah Wakil Ketua 1 Zeffnat masnifit menjelaskan bahwa, cabang olahraga judo merupakan cabang andalan Papua yang dapat menyumbangkan mendali Emas bagi masyarakat, untuk saat ini kami terus lakukan persiapan dan pembinaan secara intensif.

“Kami lakukan pembinaa atlit secara berkala, Pengprov PJSI saat ini focus pada nomor pertandingan untuk mendali emas, sedangkan atlit dipersiapakan untuk merebut mendali emas adalah anak Papua, kerena anak Papua merupakan kebanggaan,” ujarnya

Lanjutnya saat ini kami masih memantau perkembangan atlit anak Papua yang sementara TC mandiri di ciloto Jawa Barat.

“Kami terus sport semua atlit, atlit jodu selama ini sudah di tunjang dengan peralatan latihan berstandar
internasional sehingga hal ini bisa memotivasi para atlit untuk meraih mendali emas dalam lagan anti, dan kami saat ini akan melakukan sparing dengan tim plnas sea games Indonesia TC di Kores untuk membentuk taknik dan filing dari pada atlit itu sendiri,” tegasnya.

Sementara itu Pelatih Kepala Bambang Prakarsa menjelaskan para atlet yang menjalani TC untuk PON mendatang hingga saat ini secara umum sudah siap.
“Secara fisik kami sudah siap, bahkan kami menargetkan untuk terus mengasah kemampuan untuk menjalani TC di luar,” ujar Bambang.

Disinggung masalah kendala, hingga saat ini, Kata Bambang tidak ada, hanya saja pihaknya terus lakukan focus latihan dengan progres yang ada untuk mencapai hasil yang maksimal.
(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here