Ruas Jalan Yoka – Puay Buka Peluang Ekonomi Baru di Wilayah Selatan

0
127
Suasana Sejuk Danau Sentani. (Foto Irma Sokoy)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemkab Jayapura juga mengusulkan peningkatan ruas jalan Yoka -Puay – Kabupaten Keerom, karena jalur tersebut menurut Alpius Toam akan membuka jalan ekonomi baru di wilayah selatan.

“Kita juga sudah mendorong agar lingkar selatan danau itu harus dibangun dan ketika dibangun arus lalulintas, baik yang melalui Bonggo Sarmi dan Mamberamo akan melewati jalan selatan,” imbuhnya .

Selain mengurai kemacetan di wilayah Sentani, usulan peningkatan status ruas jalan selatan akan bertumbuh pemukiman baru di wilayah tersebut, sehingga akan mengurai kondisi kepadatan yang ada di sekitar Sentani dan Kota Jayapura.

“Ada beberapa titik yang menurut kami memenuhi kriteria menjadi jalan Nasional agar segera diselesaikan,” demikian kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, saat dikonfirmasi wartawan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/11/2020).

Ruas jalan yang diusulkan itu adalah, dari Kemiri – Depapre sepanjang 26 Kilometer, kemudian Warombaim – Demta sepanjang 24 Km, terus di wilayah selatan itu dari Yoka – Puay – Keerom dan wilayah selatan itu sepanjang 34 Km, selanjutnya dari Kaureh – Wamena – Yalimo sepanjang 206 Km.
“Kami usulkan agar menjadi satu ditangani oleh Balai Jalan Nasional, mengapa kita usulkan ke sana, karena jalan ini cukup panjang. Kalau ruas jalan itu dibuka, maka akan memangkas waktu perjalanan dan perputaran ekonomi lebih cepat,” kata Alpius Toam. (Irfan/ LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here