Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Pemkab Jayapura Bolehkan Kegiatan Ibadah

0
89
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, S.KM, M.Kes. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Seluruh tempat ibadah di Kabupaten Jayapura diperkenankan kembali menjalankan aktivitas kegiatan keagamaan setelah dihentikan beberapa waktu lalu sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Hanya saja seluruh masyarakat maupun pengurus tempat ibadah yang hendak menjalankan kegiatan peribadatan itu diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah, menangani dan menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Aktivitas kegiatan keagamaan di rumah ibadah sudah kita perbolehkan, asalkan wajib menerapkan protokol kesehatan,” ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, S.KM, M.Kes, kepada wartawan di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/11/2020).

Dia mengatakan, penegasan terhadap penerapan protokol kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan keagamaan di rumah ibadah adalah terkait dengan penggunaan masker, mengatur jarak tempat duduk atau membatasi jamaah 50 persen dari kapasitas semula serta wajib menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer di depan pintu masuk rumah ibadah.

“Intinya kegiatan ibadah sudah boleh dilaksanakan, tetapi aturan penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mengatur jarak duduk atau membatasi jumlah jamaah dan wajib menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer di depan pintu masuk rumah ibadah tersebut. Sehingga bagi setiap orang yang datang untuk melaksanakan kegiatan ibadahnya dipastikan harus benar-benar mengikuti peraturan itu, guna mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sehubungan dengan itu, kata pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura ini, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura sampai saat ini terus mengalami kenaikan, meskipun jumlah kasus yang ditemukan tidak terlalu signifikan. Sejak awal masa pandemi Covid-19 jumlah kasus yang berhasil di temukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-9 Kabupaten Jayapura sebanyak 669 orang.

“Memang dari sekian jumlah kasus itu sebagian besarnya sudah selesai melaksanakan isolasi atau sudah dinyatakan sembuh,” tutupnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here