Gereja Kristen Injili di Tanah Papua Dalam Rencana Besar Allah, Oleh : Anthonius Ayorbaba

0
208

#Tanah Papua & GKI berada dalam sebuah rencana besar ALLAH sehingga kita tidak dapat menentukan sesuatu kemajuan dalam pekerjaan dan pelayanan tanpa maksud dan KASIH ALLAH, sehingga GEREJA ini lahir KETIKA INJIL dan PERADABAN itu berumur 101 tahun (5 Februari 1855 – 5 Februari 1956)#,.

#Tanah & bangsa Papua hari ini membutuhkan sebuah kepastian akan hal-hal yang di harapkan dalam pelayanan sehingga kemajuan dan perkembangan seperti yang dikatakan IZAAK SAMUEL KIJNE dalam sambutannya KETIKA GKI berdiri pada tanggal 26 Oktober 1965, pada HARI JUMAT, di Gedung GEREJA HOOP DE KERK HOLLANDIA BINEN#,.

#Di TANAH ini, kita boleh memegang Kemudi dari KAPAL dan GEREJA yang namanya NEDERLANDS NIEUW GUINEA, tetapi bukan kita yang menentukan angin arus dan gelombang,. IA TUHAN sendiri yang menentukan angin ribut dan angin reda supaya KAPAL itu meluncur dan mendapati daratan-daratan yang belum di temukan dan inilah yang mengherankan SEBAB BARANGSIAPA BEKERJA DI TANAH INI DENGAN IMAN DAN DENGAR-DENGARAN IA AKAN BERJALAN DARI SATU PENDAPATAN HERAN KEPADA PENDAPATAN HERAN LAINNYA DAN ITULAH YANG MENENTUKAN PERKEMBANGAN#,.
(Buku Nederlandsch Zendingblad, Leiden 1965)

#PERKEMBANGAN GEREJA INI SUDAH 4 (EMPAT) kali ganti nama sejak 26 Oktober 1965 sampai hari ini#,.
1. Gereja Kristen Injili di Nederlans Nieuw Guinea, Hollandia Binen 26 Oktober 1965 – 18 Agustus 1962,.
2. Gereja Kristen Injili di Irian Barat, 18 Agustus 1962 di Biak – 31 Oktober 1971,.
3. Gereja Kristen Injili di Irian Jaya, 31 Oktober 1971 – 02 November 2000 di Sorong,.
4. Gereja Kristen Injili di TANAH PAPUA, 02 November 2000 di SORONG#,.

#Perkembangan GKI saat ini memiliki 58 Klasis, 12 Bakal Klasis, 1915 jemaat, serta bakal2 jemaat dan pos pekabaran INJIL, sehingga jumlah jemaat mencapai 2300 jemaat dengan 1565 Pendeta serta guru jemaat dan penginjil dan pegawai organik gereja yang belum di hitung jumlahnya#,.
(Materi Pdt.Hanz Wanma, Jemaat Petrus Amban 19 Oktober 2019),.

#Perkembangan GKI pada MOMENTUM HUT KE – 64, Tahun 2020, dalam membangun KESETARAAN GENDER, PATUT DIAPRESIASI, dengan beberapa pimpinan di GEREJA ini dipimpin Wanita2 HEBAT, YANG DIPAKAI TUHAN, yang bisa saya catat :
1. Ketua STT GKI (Pdt.S.Latuputih-Loupaty)
2. Ketua Klasis Sentani (Pdt.Nelince Wanwa)
3. Ketua Klasis Biak Barat (Pdt.Mintje Sembor)
4. Ketua Klasis Wondama (Pdt.Rosalin Wamafma)
5. Ketua Klasis Waropen (Pdt.Sola Kurni)
6. Ketua Klasis Fak2 (Pdt.Kabes)
7. Ketua Klasia Raja Ampat Tengah (Pdt.Doly Mambrasar)
8. Ketua Klasis Nabire (Pdt.Linda Upessy)
9. Dan sederetan Ketua Klasis lainnya yang saya belum mengetahui, yang diketahui Pendeta2 Wanita yang dipakai Tuhan YESUS luar biasa dalam pelayanannya#,.

#Perkembangan GKI lainnya, tentu kita telah mengetahui melalui keputusan Sidang SINODE di Raja Ampat dan RAKER AM GKI di PORT NUMBAY, dengan LAHIRNYA BANK GKI PELITA, bersama sejumlah program2 STRATEGIS lainnya#,.

#Perkembangan GKI dalam membantu Pemuda GKI mencapai KEMANDIRIAN DAN PROFESIONAL, juga sedang dilakukan melalui KERJA SAMA dengan KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT, BALAI JASA KONSTRUKSI WIKAYAH VII JAYAPURA, DAN SINODE GKI DI TANAH PAPUA, MELALUI PELATIHAN TUKANG BANGUNAN UMUM (TUKANG BATU DAN TUKANG KAYU), sudah di lakukan memasuki angkatan ke-3 dari 4 (empat) angkatan yang diberikan yaitu :
1. Angkatan I (Wilayah I)
2. Angkatan II (Wilayah II)
3. Angkatan III (di Kordinir Jemaat GKI PETRUS AMBAN untuk 8 Jemaat di Wilayah Pantura, sedang berlangsung,.
4. Angkatan IV (Klasis Manokwari akan mengirim mengikuti di Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura),.

#Perkembangan bagi GKI akan terus mengalir & berjalan sesuai dengan VISI DAN MISI dari GEREJA ini seperti yang diatur dalam TATA GEREJA TAHUN 2000 BAB I, PASAL 1 AYAT 2 DAN 3 DIKATAKAN BAHWA :
#GKI DI TANAH PAPUA mengakua bahwa ia adalah persekutuan jemaat2 KRSTEN INJILI DI TANAH PAPUA, yang di panggil TUHAN, dan dibangun di atas dasar para RASUL dan PARA NABI, dengan KRISTUS YESUS SEBAGAI BATU PENJURU”,. (Efesus 2 : 20),.

#GKI di TANAH PAPUA mengaku YESUS KRISTUS adalah TUHAN dan KEPALANYA, yang memerintah dan memelihara GEREJA dengan FIRMANNYA, dan ROHNYA, yang memimpin PENGAKUAN, KEHIDUPAN DAN PEKERJAAN GEREJA#,.

#SELAMAT HUT GKI – 64, SELAMAT MEMASUKI IBADAH SYUKUR DI HARI YANG KUDUS INI SEKALIPUN KITA SEMUA ADA PADA BAHAYA DAN ANCAMAN PANDEMI COVID-19, YANG MENGANCAM DUNIA SAAT INI, TERMASUK GKI DI TANAH PAPUA”,.

#DATANGLAH KERAJAAN MU#,.

#GOD IS GOOD#,.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here