Sembilan Venue PON XX Papua Diresmikan Lukas Enembe

0
141

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua, Lukas Enembe meresmikan sembilan venue Pekan Olahraga Nasiona (PON) XX, Jumat, (23/10/2020).

Peresmian ke-sembilan venue tersebut dipusatkan di Stadion Lukas Enembe dan digelar secara virtual serta dihadiri kepala OPD dan forkopimda.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa mengatakan, untuk persiapan PON XX, Pemerintah Provinsi Papua menghabiskan dana APBD dua triliun lebih untuk membangun sembilan venue yang bakal digunakan saat perhelatan pesta terbesar di Indonesia.

Dana pembangunan sembilan venue tersebut kata Alex, murni dari APBD Provinsi Papua tahun 2017 hingga 2019. Adapun biaya pembangunan Stadion Lukas Enembe menggunakan APBD tahun 2017-2019 sebesar Rp.1,3 triliun.

Sementara, lapangan menembak Indoor Kampung Harapan dan Lapangan menembak Autdoor Auri menggunakan dana APBD 2019, sebesar Rp.115 juta lebih. Sedangkan untuk pembangunan GOR STT GIDI menggunakan dana APBD tahun 2019 sebesar Rp.93,1 juta. Sementara pembangunan lapangan Softball dan Baseball Auri dan lapangan Softball dan Baseball Uncen dana APBD 2019 senilai Rp.167,6 juta.

Ditambakan Alex, pembangunan GOR Voli Koya Koso habiskan anggaran sebesar Rp.357,3 juta. Lapangan Tenis Walikota Jayapura habiskan dana APBD Rp.169,5 juta dan pembangunan GOR Futsal Mimika tahap pertama senilai Rp.58,4 juta dan tahap kedua Rp. 18,6 juta.

“Jadi pembangunan sembilan venue yang diresmikan Bapak Gubernur ini sudah selesai 100 persen,” ujarnya.

Selain itu, kata Alex Pemerintah juga telah mengucurkan dana APBD untuk mendukung proses renovasi pembangunan venue PON Papua yang akan digelar 2-14 Oktober tahun depan.

Sekedar untuk diketahui bersama sembilan venue yang diresmikan oleh Gubernur Lukas Enembe yakni, Stadion Lukas Enembe, Lapangan menembak Indoor, Lapangan menembak Outdoor, Gor STT GIDI, Lapangan Softball dan Baseball Auri, Lapangan Softball dan Baseball Uncen, Gor Voli, Lapangan Tenis, Gor Futsal Timika.

Gubernur Lukas Enembe dalam kesempatan itu juga meresmikan nama bandara Sentani menjadi Bandar Udara Dortheys Hiyo Eluay, dan meluncurkan data Orang Asli Papua (OAP) serta meresmikan terminal type B Waena, kota Jayapura. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here