Buka Pertandingan Futsal KKSS Papua, Ini Kata Staf Ahli Elsye Rumbekwan

0
210
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Papua, Elsye Penina Rumbekwan saat menendang bola pertama sebagai tanda dibukanya pertandingan Futsal Ketua BPW KKSS Provinsi Papua Cup. (KIrfan /lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pertandingan futsal memperebutkan piala Ketua BPW KKSS Papua dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) KKSS Ke-44 dan juga menyemarakkan Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa di Sulawesi Selatan Ke-74 diikuti 24 tim.

Gelaran ini dibuka di Lapangan Futsal PTC-Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura pada Jumat (23/10/2020) sore.

Pertandingan futsal Ketua BPW KKSS Provinsi Papua Cup dibuka dengan tendangan pertama oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Papua Elsye Penina Rumbekwan yang disaksikan oleh Ketua BPW KKSS Provinsi Papua DR. H. Mansur M., SH., MM., Dewan Pakar BPW KKSS Provinsi Papua Prof. Yohannis Rante, Ketua Panitia Pelaksana HUT KKSS Ke-44 dan Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa Ke-74, H. Abdul Rajab serta pengurus KKSS Provinsi Papua dalam pertandingan eksebisi antara Tim Futsal BPW KKSS Provinsi Papua melawan Tim Futsal BPD KKSS Kabupaten Jayapura.


Pertandingan futsal ini diikuti 24 tim yang berasal dari pilar-pilar dan juga badan otonom KKSS.

Dalam sambutan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP., MH, yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Papua, Elsye Penina Rumbekwan mengatakan, hari jadi dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Ke-44 dan peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa di Sulawesi Selatan merupakan hari peristiwa bersejarah tragedi kemanusiaan di Sulsel akibat kekejaman tentara Westerling di masa yang lalu.

“Kedua agenda bersejarah ini merupakan peristiwa yang berbeda yang akan diperingati guna mewujudkan kebersamaan dan persatuan. Baik antar sesama warga masyarakat asal Sulawesi Selatan di Provinsi Papua maupun antar paguyuban khususnya di Kota Jayapura,” ucapnya.

Lanjut dirinya menyampaikan, bahwa makna dan tujuan paguyuban sesungguhnya adalah senasib dan seperjuangan dalam kekeluargaan yang seasal daerah, sejati, sedetak jantung dan sehati sejiwa dalam mewujudkan cinta kasih sehari-hari. Sehingga program organisasi dalam paguyuban itu dapat terselenggara sesuai dengan harapan organisasi yang telah ditetapkan dan disetujui bersama-sama.

“Jadi keberadaan paguyuban sangat strategis dalam partisipasi pembangunan di daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Papua, sehingga saya berharap tetap mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, persaudaraan yang hakiki antar sesama warga KKSS dan warga lainnya. Karena paguyuban bukanlah ekslusif, tapi inklusif dalam mengakselarasikan warganya serta tingkatkan kerjasama antar sesama paguyuban dalam membangun dan membina sesama warga masyarakat di Papua,” paparnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Papua, Elsye Penina Rumbekwan saat menendang bola pertama sebagai tanda dibukanya pertandingan Futsal Ketua BPW KKSS Provinsi Papua Cup. (KIrfan /lintaspapua.com)

Di tahun 2021 nanti Provinsi Papua akan laksanakan iven PON XX, untuk itu dirinya berharap paguyuban dapat berpartisipasi guna mensukseskan kegiatan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua, khususnya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Warga KKSS yang cukup banyak dan juga mempunyai potensi dalam mewujudkan partisipasi guna mensukseskan iven olahraga terakbar ini sebagai agenda nasional bangsa dan negara kita Indonesia, demikian pun dengan paguyuban lainnya. Sangat penting partisipasi kita sebagai wahana kebersamaan dan juga menunjukkan bahwa Papua bisa, Papua mampu profesional dalam melaksanakan agenda nasional dengan melakukannya secara profesional dan bertanggung jawab,” harapnya.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Papua, saya sampaikan selamat melaksanakan rangkaian kegiatan HUT KKSS Ke-44 dan peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa di Sulawesi Selatan,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here