Cuci Tangan Pakai Sabun, Cegah Covid-19 di Papua

0
66

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sesuai protokol kesehatan Hari cuci tangan pakai sabun 2020, di gelar terbatas bersama narasumber, di siarkan secara virtual dengan berbagai media seperti zoom, life radio, life Instagram. Menyampaikan pesan praktis melakukan pencegahan penularan Covid-19 di masa Pandemi ini.

Unicef, Gapai Papua, YP2KP, Yakenpa, doctorSHARE, Dinas kesehatan Papua merangkai seluruh kegiatan menarik dengan lomba tiktok, cover lagu, dengan karya lagu Influencer Papua, Kamis (15/10/2020), Main Hall Dinas Kesehatan Papua

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, SKM. M.Kes, sampaikan apa itu 3M, dan penting di terapkan di masa Covid-19 merupakan tugas bersama

“Protokol kesehatan yaitu praktek 3M terdiri dari memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan pakai sabun adalah indikator yang penting untuk mengubah perilaku masyarakat. Adalah tugas kita bersama untuk berupaya mengubah perilaku masyarakat. Dukungan kita semua akan membantu tercapainya Papua Bebas Covid-19,”Katanya.

Roby menegaskan komitmen pentingnya, kebersihan lingkungan, bebas Covid-19, penerapan cara cuci tangan dengan air bersih mengalir.

“Kita harus menyadari pentingnya ketersediaan air bersih bagi masyarakat dan juga kesehatan lingkungan kita saya menegaskan komitmen kita memperkuat infrastruktur air dan Sanitasi lingkungan demi pencapaian apa bebas Covid-19 juga deaminasi malaria namun penting adalah diperlukan kerjasama dari setiap orang untuk mempraktekkan 3M setiap orang bisa cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,”Tegasnya.

Dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 7.777 per 11 Oktober 2020, Provinsi Papua terus berjuang untuk dapat memutus rantai penularan Covid-19, yang telah menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 11 Tahun 2020. KKM ini mewajibkan seluruh pihak untuk melakukan upaya penanggulangan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hingga saat ini, praktek 3M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, dan Menjaga jarak) masih menjadi praktek yang efektif dalam mencegah penularan Covid- 19. (Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here