TASPEN Jayapura Salurkan Rp. 400 Juta Untuk PKBL

0
143

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sepanjang tahun 2020 PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura sudah menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pinjaman lunak untuk usaha, tanpa bunga, program Tanggung Jawab Sosial/Corporate Social Responsibility (CSR) hanya ada di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Total dana yang akan di gelontorkan Rp 400.000.000 fasilitas pinjaman ini untuk menunjang wirausaha di Papua khususnya, Pernyataan ini di sampaikan oleh Pimpinan PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura, di kantornya, Senin(12/10/2020).

Branch Manager PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura, Mulat Budianto, menjelakan sudah menyalurkan dana pinjaman PKBL tahap satu dan akan menyalurkan tahap kedua, program PKBL adalah program rutin bagi ASN, Pensiunan, dan wiraswasta.

“Pinjaman secara bergulir PKBL sejumlah Rp. 250.000.000, beberapa sudah di salurkan untuk 7 wirausaha, kemudian akan menyalurkan PKBL lagi Rp 150.000.000 untuk 2 wirausaha lagi di pertengahan Oktober bulan ini, setiap tahun pasti ada program kemitraan. Masa pandemi ini kita harus berhati-hati ada usaha yang sudah kolabs (bangkrut) karena sistem bergulir, angsuran pengembalian harus rutin, karena bukan dana hibah. Penerima pinjaman  yaitu ASN, pensiunan, dan swasta,” Jelasnya.

Kepala Bidang Personalia dan Umum, Jenni Ivanna Malau menuturkan bahwa sebelum menyalurkan dana pinjaman PKBL, pihaknya terlebih dahulu melakukan survei untuk menentukan layak atau tidaknya usaha ini di berikan pinjaman.

“Dana dibagi seluruhnya di 57 cabang PT. TASPEN (Persero). Kita verifikasi usahanya, sebelum memberikan pinjaman PKBL, kalau belum terlalu mumpuni atau baru merintis, di berikan pinjaman kecil. karena pinjaman ini untuk  usaha kecil sampai menengah, bukan menengah ke atas, kita ngak bisa kasi pinjaman terlalu besar, di sesuaikan kemampuan membayar, ada survei kelayakan mitra binaan namanya,” tuturnya.(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here