KPU Keerom Gelar Deklarasi Damai Pilkada Keerom Tahun 2020

0
180

Kegiatan deklarasi damai dan ketiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Keerom yang akan ikut pada Pilkada Keerom tahun 2020 yang digelar KPU Keerom, pada Kamis, (8/10/20). (Arief /LPC)

Ketua KPU Keerom : Ketiga Paslon Diharap Memberikan Pembelajaran Politik yang Baik

KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Menandai telah dimulainya tahapan kampanye pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Keerom periode 2020-2024, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Keerom menggelar acara deklarasi damai Pilkada Keerom. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor KPU Keerom pada Kamis (8/10/2020).

Ketiga Komisioner KPU Keerom hadir pada kesempatan tersebut yaitu, Melianus Gobay, Frengki Tiwe dan Robertus Watae. Sementara ketiga Paslon Bup/Wabup yang menjadi bintang utama hadir semua yaitu Paslon 1 (Markum – Malen / MAMA), Paslon 2 (Piter Gusbager SHut, MUP – Drs. H. Wahfir Kosasih SH, MH, MSi / BERSIH) dan Paslon 3 (Yusf Wally – Susilo / Walsus).

Sementara dari jajaran Forkompinda, hadir Pjs. Bupati Keerom, Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM, Kapolres Keerom, Sekda Keerom, Dandim 1701 yang diwakili Danramil Arso, kepala Kesbangpol Keerom. Juga hadir Ketua Bawaslu Keerom, Natalia Yonggom, SS dan Yaser Aris Runggaimusi, dan tamu undangan lainnya.

Pada acara tersebut, KPU Keerom juga melakukan Launcing Maskot Pilkada Keerom yaitu ‘Si Tamne,’ juga melakukan penandatangan pakta deklarasi kampanye damai dan deklarasi untuk mematuhi penerapan protocol kesehatan sebagai bentuk tanggungjawab untuk membantu pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Selain itu ketiga Paslon juga diberi kesempatan untuk melakukan orasi politiknya. Setiap paslon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi politiknya masing-masing.

Ketua KPU Keerom, Melianus Matius Gobay. (Arief /LPC)

Usai kegiatan, Ketua KPU Keerom, Melianus Matius Gobay, menyampaikan bahwa pada kesempatan deklarasi ini, pihak KPU memberikan kesempatan kepada ketiga Paslon untuk bisa memberikan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat Keerom.

‘’Kami harapkan ketiga Paslon memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat dengan menjual ide, gagasan, visi dan misi sehingga masyarakat bisa lebih bijak dalam menentukan pilihannya,’’ungkapnya.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat dalam menentukan pilihannya untuk menghindari politik uang. ‘’Kami juga meminta masyarakat dalam menentukan pilihan hendaknya dengan hati dan bukan karena duit. Karena kalau kita diberi 100 ribu untuk memilih, maka itu sama saja dengan sehari kita dihargai hanya Rp.55,5. Maka jangan jual suara anda, karena suara anda, suara rakyat adalah suara Tuhan,’’pesannya.

Sedangkan Pjs Bupati Keerom, Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM, dalam sambutannya mengharapkan agar penyelanggara, Paslon dan pihak terkait terutama masyarakat pemilih patuh dalam melaksanakan protokol-protokol kesehatan dengan memakai masker, tidak berkumpul dengan jumlah yang banyak, tidak arak-arakan, penerapan social distancing, dll.

‘’Artinya kita harap Pilkada jalan tapi penyebaran covid juga dapat dikendalikan,’’lanjutnya.

Terwujudnya Pilkada Sehat, menurutnya, merupakan tanggungjawab bersama. Termasuk diantaranya panyelenggara, pemilih, dan pihak terkait lainnya. ‘’Kalau itu kita jalankan insya Allah, pilkada berjalan baik dan orang sehat semua, itu harapan pemerintah, dan ini agenda nasional yang harus diselesaikan maka tak ada alasan untuk tidak kita sukseskan,’’tegasnya.

Pada kesempatan terakhir kembali menegaskan tentang pentingnya Pilkada dan juga pentingnya menjaga kedamaian di Keerom.

‘’Kita boleh berbeda pendapat tapi kita itu semua saudara, tidak ada kumpulan massa yang ada adalah kumpulan Asa. Maka jaga terus protokol kesehatan, saat kampanye, saat pencoblosan, dan yang terakhir tak ada pasangan yang kalah, catat baik, siapapun yang menang, maka yang lain harus mendukung, jangan keluarkan energy yang tidak positif, mari kita jaga keerom bersama, keerom aman, keerom damai dan orang merasa enjoy tinggal di keerom,’’pungkasnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here