DPR Papua Wilayah Saireri Dengar Pendapat Masyarakat Supiori Tentang Otsus

0
182

SUPIORI (LINTAS PAPUA)- Guna mengumpulkan aspirasi masyarakat terkait Otonomi Khusus (Otsus) di Kabupaten Supiori, Pemerintah Daerah (Pemda) Supiori bersama Tim Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Wilayah Saireri gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan masyarakat di Pulau Miosbifondi, Kampung Masyai, Distrik Supiori Barat, Rabu (7/10/2020).

Alhasil, masyarakat di Kampung itu setuju untuk Otsus dilanjutkan dengan sejumlah harapan dari masyarakat. Pernyataan setuju untuk Otsus harus lanjut itu disampaikan oleh Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan masyarakat. Dikarenakan, Otsus itu merupakan darah dan air mata yang sudah pantas dan seharusnya diterima oleh masyarakat. namun, mereka berharap agar Otsus juga harus diberikan kewenangan kepada Bupati untuk mengelolah dana Otsus tersebut.

“Kami minta agar Dana Otsus yang keluar nantinya harus diberikan kewenangan kepada Bupati untuk mengatur. Karena, yang tahu kebutuhan dan keperluan pembangunan infrastruktur di tingkat Kabupaten atau Kota hanya Pemimpin Daerah itu sendiri,”kata Seketaris Desa (Sekdes) Masyai, Rudolf Kafiar.

Ia memberikan perumpaan seperti aliran air yang deras dari atas atau dari sumber mata air (anggaran yang besar dari pusat) dan ketika sampai dibawah hanya sisa tetesan air saja yang tinggal sedikit (saat sampai di Daerah dan disalurkan lagi ke masyarakat, hanya tersisa sedikit).

Selain berharap agar otsus diberikan kewenangan kepada Bupati, masyarakat di Kampung tersebut juga berharap agar sejumlah sektor pembangunan kampung dapat menjadi perhatian dan dapat segera direalisasikan. Harapan itu antara lain, menyediakan base Transceiver Station (BTS) atau pemancar sinyal yang biasanya digunakan untuk perangkat selular dan pembatas air laut agar tidak terjadi abrasi.

“Kampung kami ini berada di Kepulauan Terluar. Jika tidak ada pembatas air laut, maka Kampung kami bisa mengalami abrasi. Oleh itu, kami berharap kiranya otsus dapat dilanjutkan dan kami berharap dapat tersalurkan dengan baik serta jujur,”harapnya.

Oleh sebab itu, Tim Ketua Pansus DPRP Wilayah Saireri, Benyamin Arisoy,SE,M.Si mengatakan bahwa keputusan masyarakat untuk otsus lanjut, akan diperjuangkan. Keseriusan DPRP dalam rdp ditunjukan dengan hadirnya Komisi 2, Komisi 3, Komisi 4 dan Komisi 5. Artinya, semua aspirasi masyarakat sudah didengar dan menjadi catatan perjuangan setiap Komisi yang hadir.

“Semua aspirasi masyarakat merupakan hal penting yang harus kita hargai dan kita perjuangkan sampai ke Pemerintahan Pusat. Dana Otsus merupakan anggaran yang dapat membantu masyarakat dalam kebutuhan, kepentingan, pelayanan dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat yang lebih baik. Jadi masyarakat berharap agar setelah revisi Undang-undang Otsus harus tetap berlangsung,”jelasnya.

Sedangkan harapan masyarakat terkait kewenangan dana Otsus harus dikelolah Bupati, ia mengatakan itu aspirasi yang benar dan tepat. aspirasi itu juga akan masuk dalam daftar Dprp.

Sementara itu, Bupati Supiori Drs.Jules Warikar,MM berterima kasih kepada masyarakat karena sudah memahami betul pentingnya Otsus untuk masyarakat Supiori, serta memiliki satu suara untuk Otsus lanjut dengan beberapa harapan penting untuk kepentingan masyarakat.

“Puji Tuhan masyarakat di Pulau ini telah memahami pentingnya Otsus dan sudah membuat keputusan bahwa Otsus lanjut. Kita semua memiliki harapan yang sama agar Dana Otsus yang dikuncurkan dari pusat dapat tersalurkan sampai ke Daerah dengan baik dan jujur. Karena, khususnya di Kabupaten Supiori, Masih banyak hal yang harus kita kembangkan dan optimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.

(dfw/Supiori/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here