Namanya Masuk Unggulan Daftar Calon Bupati Jayapura Terbaik, Inilah Tanggapan Kadisdik Ted Yones Mokay

0
124
Putra Terbaik Khenambai Umbay, Tedd Y. Mokay, (ISTIMEWA / Dantop Eluay Facebook)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Meski waktu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Jayapura masih lama, namun antusias masyarakat dalam menentukan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati sudah mulai bermunculan melalui poling di media sosial (medsos) maupun yang disebar melalui pesan elektronik WhatsApp (WA).

Salah satu nama calon bupati Kabupaten Jayapura yang beredar di medsos maupun lewat pesan WA, pada bulan Mei 2020 lalu.

Link yang di share (bagikan) oleh beberapa pengguna wa tersebut, memperlihatkan satu calon yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Jayapura, Ted Yones Mokay. Diterangkan di sebuah link figur siapa yang layak menjadi Bupati Jayapura berikutnya itu juga menampilkan 26 nama bakal calon bupati dan wakil bupati lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, selain Ted Yones Mokay ditulis sebagai calon bupatinya juga ada puluhan nama calon bupatinya itu terdiri seorang politisi, birokrat, aktivis, pengusaha, tokoh adat, tokoh agama, wakil rakyat dan juga pimpinan partai politik di kabupaten setempat.

Menanggapi adanya polling tersebut, salah satu nama yang dicatut adalah Ted Yones Mokay dan dirinya mengaku tidak pernah lihat dan tahu soal polling tersebut. “Saya tidak atau belum pernah lihat poling itu aslinya seperti apa, tapi saya masih atau lagi coba untuk lakukan pencitraan saja saat ini,” kelakarnya, saat dikonfirasi wartawan media online ini bersama satu wartawan media online lokal Papua lainnya, di ruang kerjanya, Rabu (30/9/2020) sore.

“Namun tidak dalam bentuk yang terlalu vulgar saat pencitraan itu, saya hanya pakai sel-sel grup atau jaringan saja. Misalnya, di dalam grup itu ada saya dan empat orang lainnya, nanti dari lima orang ini berpencar lagi menjadi sekian orang dan begitu seterusnya. Jadi tidak vulgar untuk lakukan pencitraan dulu, karena memang saya masih kerja di Dinas Pendidikan,” tambah pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura tersebut.

Ia pun berharap, agar apa yang disampaikan dan berkembang di medsos tersebut tidak menjadi rujukan awal. karena diketahui, untuk kontestasi Pilkada Kabupaten Jayapura saat ini masih terbilang jauh.

“Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada 2022 saja belum ditetapkan. Apakah tetap di tahun 2022 atau nanti dilakukan di 2024,” beber Ted Mokay.

Sementara Ted yang disebut sebagai bakal calon bupati ini pun angkat bicara. Kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura itu mengatakan, untuk masuk ke kontestasi Pilkada Kabupaten Jayapura 2022 ia siap untuk maju.

“Rencana maju sih ya maju, agar ingin bisa maju lah di Pilkada nanti. Kita juga tahu karena tidak punya partai toh, biar semangat-semangat juga kalau tidak dapat partai mau gimana lagi. Itu ide-ide dari teman-teman jaringan yang mereka buat sendiri disitu, saya juga hanya di kasih tau saja kalau ada mereka buat di medsos. Yakni mereka buat di medsos itu Sahabat Ted Yones Mokay (TYM), sehingga saya bilang jalan saja,” ucapnya.

Meski begitu, dirinya tidak menampikkan bahwa antusias masyarakat yang mendorong untuk maju di Pilkada mendatang sangat besar. Bisa di bilang, teman-teman jaringan atau grup-grup medsos yang berjuluk Ted Yones Mokay (TY) yang sebelumnya sempat memunculkan dirinya di Pilkada 10 tahun yang lalu itu masih bergerak untuk bisa mempertahankan basis suara di Kabupaten Jayapura.

“Saya kira untuk keinginan maju itu sebenarnya sudah ada sejak 10 tahun lalu, jadi saya itu sudah pernah punya rencana untuk maju juga. Tapi karena alasan partai, ya sudah kita tidak jadi maju. Kemudian juga pak Mathius (Bupati Jayapura petahana) sudah bekerja untuk lima tahun berikut, ya sudah kita dorong bapa lagi maju untuk kita dukung di periode kedua,” terangnya.

“Namun untuk Pilkada 2022 inikan sekarang semuanya calon baru, jadi kita juga mau maju,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura.

Menanggapi kondisi politik saat ini, Ted Mokay mengapresiasi tokoh-tokoh termasuk dirinya yang ditampilkan dalam poling yang diperkirakan akan maju pada Pilkada Kabupaten Jayapura 2022. Bagaimanapun, proses tersebut akan sangat membantu peningkatan partisipasi pemilih.

“Saya kira bagus, kalau para kandidat memperkenalkan diri lebih awal, dan itu bagian dari pendidikan politik. Sebab dengan cara ini, masyarakat akan lebih mengenal para calon kepala daerah masa depan. Sehingga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat,” terang pria yang juga pernah enjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Jayapura.

“Saya salah satu dari orang yang juga bekerja dan berkarier disini, yang sudah capai pada tingkat yang memang pangkat sudah tidak bisa naik lagi. Kecuali ada promosi jabatan, misalnya dapat Sekda, dan kalau tidak ya disitu saja di jabatan sekarang ini. Nah, kalau sudah dari sini mau kemana lagi, kecuali tunggu nanti saat pensiun. Selagi masih kuat dan bisa berkarya serta bekerja, ya sudah kita coba untuk bisa maju pada kontestasi Pilkada 2022 nanti,” tukas TYM. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here