Amerika Serikat Donasikan 400 Ventilator Tambahan untuk Dukung Indonesia Melawan COVID-19

0
63
Sejumlah 400 ventilator tambahan dari Amerika Serikat tiba di Indonesia, melengkapi jumlah donasi 1.000 ventilator sesuai janji Presiden Trump kepada Presiden Joko Widodo. (ISTIMEWA)

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Sejumlah 400 ventilator tambahan dari Amerika Serikat tiba di Indonesia, melengkapi jumlah donasi 1.000 ventilator sesuai janji Presiden Trump kepada Presiden Joko Widodo.

“Donasi ini melengkapi upaya berkelanjutan pemerintah Indonesia untuk memerangi COVID-19 dan menunjukkan kelanjutan komitmen Amerika Serikat untuk memimpin respons global terhadap krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini – di dalam negeri dan di seluruh dunia, bersama dengan teman-teman dan sekutu kami,” demikian kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Amerika Serikat Heather Variava.

Hingga saat ini, lebih dari 400 ventilator telah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah AS, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), akan terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk memfasilitasi distribusi ventilator ke 34 provinsi serta memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang tepat.

Amerika Serikat merupakan kontributor terbesar kesehatan global, dan terus membantu para teman dan sekutu kami melalui upaya “All-of-America” yang mencakup bantuan dari pemerintah, dunia usaha, LSM, dan organisasi keagamaan.

Selama 20 tahun terakhir, USAID telah menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS atau 14 triliun Rupiah di sektor kesehatan Indonesia, membangun landasan yang kuat untuk respons COVID-19 yang lebih efektif. Ventilator hanyalah salah satu bentuk bantuan darurat Kedutaan Besar AS untuk Indonesia dalam perang melawan COVID-19 dan merupakan tambahan dari total 11 juta dolar AS (187 miliar Rupiah) yang telah diinvestasikan oleh Pemerintah AS dalam perjuangan melawan COVID-19 di Indonesia.

( http://indonesia.usaid.gov/ )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here