Ketua KIP Papua, Wilhelmus Pigai : Informasi Jadi Kebutuhan Pokok Tiap Orang, UU KIP Menjamin Transparansi dan Peran Masyarakat

0
455
Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua, Wilhelmus Pigai. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua, Wilhelmus Pigai mengatakan, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosial serta menjadi bagian penting bagi ketahanan sosialnya.

“Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,” jelas Wilhelmus.

Wilhelmus juga mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya, serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik.

“Pengelolaan infomasi publik adalah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi, sehingga masyarakat mendorong pemegang kekuasaan legislatif untuk membentuk Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),” terangnya.

UU KIP, kata Wilhelmus, telah mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan negara yang transparansi dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengembilan kebijakan publik dan pengelolaan publik yang baik. “Setiap orang berhak memperoleh informasi publik sesuai dengan ketentuan undang-undang,” katanya.

Komisi Informasi Papua foto bersama usai pelantikan di Kota Jayapura. (Humas KI Papua)

Menurut Wilhelmus, Hari Hak untuk Tahu atau Right To Know Day yang diperingati secara internasional pada 28 September ini bertujuan mendorong badan publik di Papua untuk lebih terbuka, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang lebih baik. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here