OPD Diminta Berkomitmen Tuntaskan Proyek Tepat Waktu

0
76

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe untuk memprioritaskan kegiatan non fisik pemerintah di sisa tahun anggaran 2020 mendapat dukungan dari komisi V DPR Papua.

Sebagaimana diketahui Gubernur menyampaikan Pemerintah Papua akan menfokuskan kegiatan non fisik di sisa tahun anggaran 2020. Hal itu, terkait dengan kondisi daerah yang mengalami devisit anggaran akibat dampak pandemi corona.

Anggota komisi V DPR Papua Decky Nawipa mengatakan, pihaknya sepakat dengan panyampaian gubernur Papua, bahkan komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan telah memberikan rekomendasi kepada sejumlah OPD terkait.

“Setelah kita lakukan evaluasi sebelum penetapan APBD perubahan, dan secara internal di komisi V kami telah merekomendasikan semua kegiatan itu harus dilaksanakan semua kegiatannya sifatnya non fisik,” kata Decky kepada wartawan, Sabtu (19/09/2020)

Namun demikian jelas Decky, Komisi V juga tidak membatasi apabila ada kegiatan fisik yang sedang berproses tetap dilanjutkan dengan konsekuensi pekerjaan itu harus rampung dalam kurung waktu sebelum tutup anggaran tahun 2020.

“Kalaupun sudah jalan kegiatannya ya tidak apa-apa, tetapi kami ingatkan mari kita bertanggung jawab dalam menjalankan visi misi gubernur ini. Kita kawal dari sisi tupoksi kita masing-masing, sehingga dalam masa dua bulan kedepan semua pekerjaan baik fisik maupun non fisik tetap terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Kata Decky, hal itu juga harus dibarengi dengan satu kesepakatan berupa komitmen antara OPD dengan pelaksana kegiatan fisik, dan tidak terlepas dari pengawasan DPR.

“Harus ada satu kesepakatan tertulis, ada kesanggupan oleh penerima pekerjaan itu, untuk menyelesaikan pekerjaan itu, dan kesepakatan ini ini dibuat oleh pejabat OPD itu sendiri,” katanya.

Sehingga dia berharap dengan adanya kerjasama dan komitmen tersebut kedepan pelaksaan pembangunan di Papua juga selaras dengan visi misi Gubernur.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here