Memastikan Data Pemilih Pada Pilkada 2020, KPU Keerom Gelar Uji Publik DPS

0
42

KEEROM (LINTAS PAPUA)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom melakukan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten setempat, Sabtu (19/09/2020).

Ketua KPU Kabupaten Keerom Melianus Gobay mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk medapatkan masukan sebelum DPS itu ditetapkan DPT pada Oktober mendatang, serta mendapat tanggapan masyarakat, dalam rangka memastikan data pemilih pada Pilkada 2020.

“Uji publik ini juga dilakukan oleh semua KPU di seluruh Indonesia, terutama yang menggelar pilkada dan hari ini kami di Keerom lakukan hal ini,” katanya.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh para perwakilan warga, dari tokoh paguyuban, tokoh agama, adat dan masyarakat, organisasi politik, hingga para penyelanggara tingkat bawah.

Melianus mengungkapkam DPS Kabupaten Keerom sebagaimana ditetapkan pada 12 September 2020 sebanyak 53.868 orang.

“Data tersebut bisa dipastikan bisa bertambah atau berkurang dengan pemutahiran data, misalnya ada pemilih pemula atau ada yang pindah dan meninggal,” kata Melianus.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Keerom Natalia Yonggoom mengatakan uji publik itu untuk meminta masukan dan saran dari masyarakat terkait DPS sebelum ditetapkan jadi daftar pemilih tetap (DPT).

“Jadi, ini kan masih dalam proses pemutahiran data sampai nanti penetapan, ini kan akan dilakukan pencermatan baik dari jajaran KPU dan Bawaslu, dan diharapkan warga memberikan masukan soal DPS,” katanya.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here