Balai Bahasa Papua Ukur kemahiran Bahasa Indonesia Melalui UKBI

0
52

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Dinamis adalah sarana mengukur kemampuan berbahasa Indonesia yang di laksanakan oleh Balai Bahasa Papua, di ujikan pada  100 orang dari kalangan siswa, Mahasiswa, Masyarakat Umum hingga Profesional, Untuk mengukur kemahiran penutur bahasa Indonesia, baik penutur asing maupun penutur jati. Mulai 14 -18 September 2020, Aula Balai Bahasa Provinsi Papua Koya Jayapura, Kamis(17/9/2020).

Pada kesempatan yang sama selaku Koordinator UKBI Balai Bahasa Provinsi Papua, Yulius Pagappong mengatakan, tujuan kegiatan UKBI Dinamis di ujikan dari segala lapisan masyarakat termasuk wilayah.

“Tujuan Uji Coba UKBI Dinamis bertujuan sebagai melakukan validasi empiris terhadap 2.100 soal UKBI yang telah terdapat dalam gudang soal UKBI, melakukan uji coba soal kepada responden dengan berbagai karakteristik peserta uji, melakukan uji coba soal dengan mempertimbangkan kewilayahan dan perbedaan wilayah waktu, dan melakukan uji coba soal massal melalui aplikasi uji coba dinamis UKBI,” Katanya.

Selain itu Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua, Firman Susilo, menyampaikan pentingnya kedudukan dan martabat berfungsi Bahasa Indonesia yang di ujikan dalam UKBI “berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar pendidikan, bahasa komunikasi tingkat nasional, bahasa media massa, serta bahasa pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kedudukan seperti itu, bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam memfasilititasi proses kemajuan bangsa Indonesia,”Tutupnya.

(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here