Rukun Anak Asli dan Peranakan Tanah Merah Gelar Ibadah Syukur HUT Setahun

0
75
Dengan pertolongan Tuhan, ATM-APTM akan terus berkarya dan mengabdi untuk hidup yang lebih baik bagi masyarakat Tanah Merah di Kabupaten Jayapura,- (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah (ATM-APTM) Jayapura, Provinsi Papua menggelar ibadah pengucapan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 1 yang berlangsung di Lapangan Siriwambo Mire Pos VII Atas, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (14/9/2020).

Prosesi pemotongan kue HUT ke 1 Rukun ATM-APTM oleh Ketua Rukun ATM-APTM Yan Yap Ormuseray, SH, MM., didampingi para pemimpin dan pengurus kerukunan, saat perayaan hari jadi satu tahun rukun tersebut. (Irfan /LPC)
Ketua Rukun ATM-APTM, Yan Yap Ormuseray, SH, M.Si, foto bersama Wakil Ketua Rukun ATM-APTM, Patrinus R. N. Sorontou, dalam perayaan Ibadah Syukur HUT Satu tahun. (ISTIEWA)


Momen perayaan hari jadi Rukun ATM-APTM ini tepat setahun sejak didirikannya pada tanggal 14 September 2019 lalu.

Ibadah ini dihadiri Ketua Rukun ATM-APTM, Yan Yap Ormuseray, SH, M.Si, Wakil Ketua Rukun ATM-APTM, Patrinus R. N. Sorontou, Sekretaris Rukun ATM-APTM, Ir. John Wicklif Tegai, MM, Anggota Majelis Rakyat Papua, Orpa Nari, tokoh adat Tanah Merah, pengurus dan anggota Rukun ATM-APTM serta masyarakat Tanah Merah.

Dimeriahkan pula, persembahan lagu-lagu pujian.
Pdt. Esron Abisay, S.Th, MM, dalam khotbahnya mengutip Mazmur 133:1-3 dan Mathius 22:34-40 menekankan hidup rukun dalam kasih.

“Orang yang mengasihi Tuhan pasti tahu tentang kasih sayang. Karena, Allah adalah sumber kasih. Dimana, kita menapaki sebuah organisasi atau wadah karena usia 1 tahun adalah umur yang masih muda, maka kita harus menunjukkan kredibilitas dan juga kualitas diri ketika kita hadir di atas tanah ini untuk menjadi berkat bagi umat manusia, khususnya masyarakat Tanah Merah,” urainya.

Suasana Ibadah Syukuran. (ISTIMEWA)
Selamat Hari Ulang Tahun Ke Satu ( 1 ) Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah (ATM/APTM), 14 September 2019 – 14 September 2020. Kiranya organisasi ini menjadi berkat bagi anak-anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah untuk Menjadi Mitra dan turut berkontribusi dalam Pembangunan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua,” IMANUEL” (ISTIMEWA)

Karena itu, berbicara tentang rukun maka implikasinya adalah dari kasih yang dinyatakan kepada Allah.

“Kita harus sehati dan tetap berada di dalam sebuah kebersamaan dengan bergandengan tangan, serta menunjukkan kredibilitas dan kualitas kita yang memberikan dampak kepada orang lain,” tukas Pdt. Esron Abisay.

Sementara itu, Ketua Rukun ATM-APTM, Yan Yap Ormuseray, SH, M.Si, pada momen ini juga mengharapkan dengan kehadirannya Rukun ATM-APTM ini bisa menjadi sebuah wadah yang merupakan corong dari masyarakat di Tanah Merah.

“Kami bisa membantu, paling tidak persoalan-persoalan yang ada disana bisa menjadi perhatian dari pemerintah. Persoalan yang betul-betul paling mendesak disana adalah tentunya infrastruktur jalan, infrastruktur jembatan maupun infrastruktur telekomunikasi. Maka itu, kami harap dengan kehadirannya ATM-APTM ini sebagai wadah yang menjadi corong dari masyarakat di Tanah Merah,” imbuhnya saat menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai perayaan Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 1 Rukun ATM-APTM, Senin (14/9/2020) malam.

Lanjut Yan Yap Ormuseray menjelaskan, di momen ini juga menyampaikan pengurus bersama seluruh anggota Rukun ATM-APTM mengucap syukur kepada Tuhan di hari jadinya Rukun ATM-APTM ke 1 ini, karena Tuhan telah memberi kekuatan dan kemampuan kepada segenap pengurus dan anggota Rukun ATM-APTM tepat berusia 1 tahun.

“Ya hari ini tanggal 14 September 2020, genap satu tahun berdirinya Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah atau ATM-APTM. Dan, hari ini sesungguhnya perayaan syukuran kami yang dipercaya sebagai pengurus Rukun ATM-APTM bersama-sama dengan seluruh anggota rukun mengucap syukur kepada Tuhan, karena dalam setahun ini Tuhan memberi kesehatan, kekuatan dan kemampuan kepada kami semua. Sehingga wadah kami ini bisa genap usianya satu tahun,” imbuhnya.

Selain itu, di usia 1 tahun ini telah turut memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah Tanah Merah yang diserahkan langsung oleh pengurus Rukun ATM-APTM.

“Dalam usia satu (1) tahun ini paling tidak berbagai program kerja sudah kami laksanakan, terutama dalam rangka membantu masyarakat di wilayah Tanah Merah. Ketika kita mengalami masa-masa sulit, baik itu waktu terjadinya bencana alam banjir bandang sampai dengan pandemi Coronavirus itu banyak masyarakat kita yang mengalami kesulitan mulai dari sisi ekonomi, kesehatan maupun sosial,” bebernya.

Karena itu, kata Yan Yap Ormuseray, pihaknya dari Rukun ATM-APTM selama masa-masa sulit itu juga telah hadir untuk membantu masyarakat yang ada di wilayah Tanah Merah.

“Hampir sebagian besar kampung sudah kami kunjungi untuk melihat dari dekat persoalan-persoalan apa saja yang mereka hadapi. Kemudian juga ada pembangunan yang sempat terhenti, karena adanya pandemi Covid-19 maupun kesulitan ekonomi yang terjadi saat virus Corona ini mewabah. Nah, hal itu paling tidak kami dari Rukun ATM-APTM ini beberapa di antaranya sudah bisa kita atasi atau bantu,” katanya.

“Sekaligus juga menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk kita bisa melihat persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat terutama di wilayah Tanah Merah, serta kami juga menjadi penyalur informasi atau menyampaikan kepada pemerintah daerah. Yakni, ada persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Karena kita menyadari, bahwa pemerintah juga pasti terbatas, baik itu SDM maupun sarana prasarananya untuk bisa melihat semua persoalan yang terjadi di masyarakat,” tukas pria yang juga Kepala Dinas Kehutanan Papua tersebut.

Pantauan dilokasi kegiatan, acara ini berlangsung sejak pukul 16.30 WIT diawali ibadah hingga kegiatan HUT yang berlangsung sampai malam dan berjalan aman serta mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Di momen HUT, ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua Rukun ATM-APTM Yan Yap Ormuseray, SH, MM, dan pengurus seperti Wakil Ketua Rukun ATM-APTM Patrinus R. N. Sorontou, Sekretaris Rukun ATM-APTM Ir. John Wicklif Tegai, MM, perwakilan tokoh adat Tanah Merah dan perwakilan perempuan Tanah Merah.

Dengan pertolongan Tuhan, ATM-APTM akan terus berkarya dan mengabdi untuk hidup yang lebih baik bagi masyarakat Tanah Merah di Kabupaten Jayapura,- (ISTIMEWA)

Terima Kasih banyak untuk Pengurus dan seluruh anggota ATM-ATPM serta dukungan dari Para Kepala Distrik di Wilayah Tanah Merah, Kepala Kampung, Ketua DAS dan simpatisan yang telah turut mendukung kelancaran dan suksesnya HUT ke 1 Rukun ATM -APTM tanggal 14 September 2020. Jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaafkan, Tuhan memberkati kita semua, Foi, Foni Kwane, Taop,-  (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here