Pasar Mini di BTN Bintang Timur Diharapkan Punya Peran Bantu Ekonomi Warga

0
69

Prosesi pemotongan pita oleh tokoh adat setempat bersama para pejabat sebagai tanda diresmikannya Pasar Mini Perum BPD Graha BTN Bintang Timur, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (14/9/2020).

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pasar Mini Perumahan BPD Graha Bintang Timur yang diresmikan oleh tokoh adat setempat bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Patrinus R. N. Sorontou dan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura Hermes Felle bersama beberapa pejabat lainnya yang terletak di Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura itu diharapkan mempunyai peran dalam membantu keuangan dan perekonomian warga Perum BPD Graha BTN Bintang Timur di era globalisasi terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 05 / RW 01 Perum BPD Graha Bintang Timur, Erik Ruamba mengatakan, ide pembangunan pasar mini tradisional oleh ia bersama warganya dilingkungan perumahan BTN. Bintang Timur semata-mata untuk membantu kesulitan warganya yang punya persoalan masalah keuangan di masa pandemi COVID-19.

“Jadi dengan adanya pasar mini warga tidak lagi kontak langsung dengan masyarakat lebih luas karena sudah ada tempat belanja di lingkungan sendiri, tetapi juga pedagang sayur dari luar tidak masuk lagi kedalam lingkungan perumahan karena ketersediaan ikan sayur dan kebutuhan lain sudah ada,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk pengelolaan pasar mini sepenuhnya dikelola oleh pengurus RT termasuk pedagangnya wajib dari warga BTN. Bintang Timur, karena terbangunnya pasar mulai dari awal hingga rampung dilakukan secara swadaya warga setempat.

“Secara gotong royong kita bangun pasar, dan sumber dananya dari warga sendiri dan tidak ada bantuan dari pemerintah, juga ada bantuan dari anggota DPRD Kabupaten Jayapura Nelson Sorontou berupa berupa material sehingga pembangunan pasar mini cepat rampung terbangun,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Patrinus R. N. Sorontou menuturkan, sebagai wakil rakyat, dirinya menilai inisiatif warga di Perumahan BTN Bintang Timur yang didukung penuh oleh Ketua RT ini merupakan sesuatu yang baru dan perlu dicontoh.

“Umumnya pasar terbangun pada tingkatan pemerintah kampung dan kelurahan, tetapi ini dibangun oleh tingkat RT, ini yang sangat luar biasa apalagi dengan adanya Covid-19 saat ini warga tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar dan rawan tertular virus Corona. Namun mereka bisa belanja dekat dari rumah atau tempat tinggalnya,” jelas pria yang akrab disapa Nelson Sorontou ini kepada wartawan media online ini.

Baginya, pemberian bantuan olehnya kepada pengurus RT sebagai bentuk dukungan juga sebagai bentuk apresiasi atas inisiatif pengurus RT dan seluruh warga sebagai upaya meningkatkan ekonomi dimasa pandemi COVID-19 yang belum berakhir, terlebih dengan konsep pasar tradisional mini sangat membantu pedagang kecil yang kini mulai sulit beradaptasi dengan kondisi sekarang dengan menjamurnya pasar modern di wilayah Sentani.

Untuk diketahui, pasar mini tersebut akan ditempati oleh warga disekitar perumahan BTN Bintang Timur khususnya yang ada di RT 05/ RW 01, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura dengan jumlah sebanyak 14 pedagang. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here