GAPAI Papua Diskusikan Seberapa Aman Pembukaan Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

0
160

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Curah pendapat secara Online dilaksanakan oleh Gapai Papua dan Unicef untuk pencegahan Penularan Covid-19 pada anak. bersama dengan dinas terkait wilayah Papua mengukur seberapa aman pembukaan sekolah dalam masa Pandemi Covid – 19 dan juga mencari solusinya, Selasa(15/9/2020), Horizon Hotel Kotaraja Jayapura.

Sekertaris Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Protasius Lobya, menyatakan untuk saat ini sekolah di Kota Jayapura masih belum di buka, sebagai bentuk pencegahan Penularan Covid-19, saat ini kegiatan belajar mengajar selama 6 bulan berdampak baik bagi siswa.

“Untuk Kota Jayapura belum di buka, kita berpedoman pada data dan analisis  kesehatan yang sudah di sampaikan lewat tim Covid-19, Keputusan untuk memberikan kewenangan membuka proses belajar mengajar di sekolah baik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK keputusan ada pada  pemerintah yang punya wilayah, tapi sekolah di tengah Kota berisiko tinggi tidak boleh di buka, kewenangan dari Walikota atau Bupati, selain itu hasil dari daring belajar mengajar dinyatakan bagus,” Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Papua, dr. Renny Hariati Bagus, Sp.A mengungkapkan salah satu solusi pencegahan penularan Covid-19 pada anak adalah anak tetap tinggal di rumah, bila terpaksa beraktivitas di luar rumah di anjurkan menerapkan protokol kesehatan.

“Prinsip utamanya untuk menjaga kesehatan anak, kemudian tumbuh kembang anak. Prioritas saat ini situasi Jayapura masih kasus meningkat, kematian juga, baiknya anak di rumah, mudah-mudahan bisa teratasi,  Saran kami anak di rumah, kalaupun harus terpaksa keluar, pergunakan protokol kesehatan dengan baik,” jelasnya. (Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here