Pimpin Partai Golkar, Yanto Eluay Siap Kembalikan Kejayaan Golkar di Kabupaten Jayapura

0
169

Ketua Terpilih DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura Yanto Eluay ketika menerima bendera Golkar dari anggota sidang dalam pelaksanaan Musda X Golkar Kabupaten Jayapura sebagai tanda dirinya terpilih sebagai ketua Golkar Kabupaten Jayapura. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Politisi asal Sentani, Yanto Eluay, terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura periode 2020-2025, dalam Musyawarah Daeerah (Musda) X Golkar Kabupaten Jayapura, Sabtu (12/9/2020), yang dilaksanakan di Sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, tepatnya di Pendopo Adat Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw Obhe, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ditemui usai Musda pada Sabtu (12/9/2020) malam, Yanto menyampaikan terima kasih atas dukungan dari para kader Golkar di Kabupaten Jayapura, khususnya Komdis-komdis dan organisasi sayap Partai Golkar sebagai peserta musda yang telah memberikan dirinya amanah untuk menahkodai Partai Golkar Kabupaten Jayapura hingga tahun 2025.

Ia juga mengapresiasi kader-kader Golkar Kabupaten Jayapura yang telah melaksanakan seluruh tahapan musda, sehingga dapat berjalan kondusif, lancar dan demokratis.

“Tidak lupa saya juga mengapresiasi DPD I Partai Golkar Papua beserta jajarannya yang telah memfasilitasi dan menjebatani musda ini, sehingga dapat berjalan lancar dan sukses,” ucap Yanto Eluay.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay. (Irfan /LPC)

Usai terpilih, Yanto langsung dihadapkan kepada tugas-tugas kepartaian dengan jadwal dan agenda yang padat untuk menjabarkan program kerja dalam lima tahun ke depan. Termasuk agenda politik seperti Pilkada Kabupaten Jayapura, Pilkada Provinsi Papua, Pileg dan Pilpres, serta mengembalikan kejayaan berlambang Pohon Beringin itu di Bumi Khenambay Umbay.

Sesuai tema Musda X Golkar Kabupaten Jayapura, kata Yanto, mewujudkan soliditas, mengebalikan kejayaan Golkar Jayapura.

“Jadi sesuai dengan tema musda kita kali ini, yaitu mewujudkan soliditas atau kekompakan ini harus kita wujudkan, mengembalikan kejayaan Golkar Jayapura dan itulah tema musda kita untuk lima tahun ke depan. Di mana hari ini (kemarin malam) saya terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura dan tema itu akan menjadi dasar kita, kemudian juga aspirasi dalam pernyataan sikap yang disampaikan oleh Komdis-komdis itu menjadi catatan kami, bagaimana kita ke depan untuk mengembalikan kejayaan Golkar Jayapura,” tegas Yanto Eluay yang juga Ondofolo Kampung Sereh.

“Semua harapan kelihatannya sama, mulai dari Komdis, organisasi sayap dan organisasi di dirikan dan mendirikan partai Golkar juga semua menyampaikan harapan agar Golkar ke depan harus bangkit kembali. Kita kembalikan kejayaan Partai Golkar Kabupaten Jayapura. Itulah yang akan menjadi dasar kami dalam kepemimpinan definitif partai Golkar Kabupaten Jayapura,” sambungnya.

Musda Golkar Kabupaten Jayapura selain dihadiri kader dan simpatisan termasuk anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Golkar, juga turut hadir Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Daerah Pemilihan I DPD Partai Golkar Papua meliputi Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom dan kota Jayapura, Yansen Monim, ST, MM, beserta jajaran Golkar Papua seperti Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Partai Golkar Papua Richard Max F. Krey dan Wakil Ketua Bidang Kounikasi, Media dan Penggalangan Opini Leo D. Siahaan.

Dihadapan kader partai berwarna kuning itu, Yanto memompa semangat dan soliditas untuk membangun menggalang kekompakan dan persatuan termasuk menjaga nama baik Partai Golkar.

Yanto juga mengajak seluruh kader Golkar untuk siap menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan perubahan. Kuncinya adalah mengalahkan diri sendiri untuk menyongsong hari esok yang lebih baik dan mengembalikan kejayaan Golkar di Kabupaten Jayapura.

“Kami juga akan melakukan konsolidasi-konsolidasi, baik menuju Pilkada yang kedepan, Pileg dan Pilpres. Seperti Pilkada kabupaten, Pilkada provinsi, Pileg DPRD kabupaten atau provinsi dan Pileg DPR-RI serta pemilihan presiden,” ulas Yanto Eluay.

“Salah satu keputusan hasil musda kita, yang mana disampaikan oleh Komdis-Komdis yang harus kita akomodir yaitu, mendukung Ketua Golkar Kabupaten Jayapura dalam hal ini saya sendiri untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura, juga mendukung Bung Klemen Tinal selaku ketua terpilih DPD Partai Golkar Papua sebagai calon Gubernur Papua dari Golkar dan juga mendukung Airlangga Hartarto selaku ketua terpilih dalam Munas Partai Golkar sebagai Presiden RI,” tambahnya dengan nada tegas.

Keputusan-keputusan itu menjadi target Partai Golkar, Yanto mengatakan pihaknya akan melakukan konsolidasi hingga ke kampung-kampung. Sehingga partai Golkar kembali berjaya di Pemilukada Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua serta Pilpres mendatang.

“Oleh sebab itu, kami akan lakukan konsolidasi-konsolidasi sampai ke tingkat kampung. Yakni, kader-kader kita yang ada di tingkat kampung itu akan kita fungsikan dan kita akan hidupkan kembali, infrastruktur Golkar yang selama ini mungkin tidak berjalan kita akan lakukan langkah-langkah terobosan agar semua infrastruktur tersebut bisa bekerja. Sehingga apa yang kita harapkan sesuai dengan tema dala musda ini, bisa terwujud dan target-target itu harus kita capai demi kemajuan partai Golkar di Kabupaten Jayapura secara khusus, Provinsi Papua hingga Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Daerah Pemilihan (Dapil) I DPD Partai Golkar Provinsi Papua, Yansen Monim, ST, MM, mengatakan musda ke-X yang di lakukan oleh DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura sungguh luar biasa.

“Walaupun timbul polemik yang luar biasa juga, ada yang minta harus aklamasi dan ada yang minta tidak boleh aklamasi atau pemilihan dilakukan secara demokrasi, akhirnya kita jalan dan saya bilang ok silahkan lakukan. Ternyata musda ini memang luar biasa, kita tunjukkan bahwa benar demokrasi itu betul-betul kita lakukan dalam pemilihan ketua Partai Golkar Kabupaten Jayapura,” kata Yansen Monim.

Setelah terpilihnya Yanto Eluay sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura, kata Yansen Monim, musda untuk memilih ketua DPD II Partai Golkar di Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura itu telah selesai dilaksanakan.

Yansen Monim berharap di kepemipinan Yanto Eluay, ke depan Golkar Kabupaten Jayapura dapat menunjukkan eksistensinya dan kembali berjaya, serta menyukseskan misi besar guna memenangkan Klemen Tinal di Pilgub Papua mendatang, memenangkan pak Klemen Tinal sebagai Gubernur Papua dan pak Airlangga Hartarto sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Saya berharap kepemipinan Yanto Eluay, bisa merangkul semua yang tadi sempat bertarung saat pemilihan dalam musda kali ini, mari rangkul semua kader-kader Golkar yang terbaik untuk menjadi pengurus Golkar Kabupaten Jayapura guna kita menuju Golkar yang baru,” ujarnya.

“Karena partai Golkar yang sekarang ini sudah sangat merosot dan makin hilang, kalau dulu masih bisa capai 8 kursi, terus waktu masih jamannya pak Habel (HMS) juga sempat turun dan hanya capai 5 kursi, kemudian di jamannya Anis Eluay turun lagi lebih signifikan sampai tinggal 3 kursi dan sekarang tinggal dua kursi saja di DPRD Jayapura,” beber Yansen.

“Oleh karena itu, dengan berakhirnya musda X dan terpilihnya Yanto Eluay sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, menjadi tonggak sejarah kebangkitan Golkar di Kabupaten Jayapura. Jadi kedepannya, jangan dua (2) kursi lagi. Kalau bisa harus lebih dari 2 kursi itu,” tukas Yansen Monim yang juga Koordinator Daerah Pemilihan (Dapil) I DPD Partai Golkar Papua. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here