Polemik Tempat Musda XI Golkar Diharapkan Berakhir

0
178
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay. (Irfan /LPC)

Yanto Eluay: Pendopo Adat Kampung Sereh Terbukti Lahirkan Pemimpin dan Keputusan Besar

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Polemik soal tempat pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) XI Golkar Kabupaten Jayapura berakhir. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Jayapura telah memutuskan Pendopo Adat Kampung Sereh sebagai tempat pelaksanaannya.

DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura memutuskan Pendopo Adat Sereh sebagai tempat Musda menyikapi ada beberapa kader Golkar yang keberatan jika tempat pelaksanaan Musda diadakan di pendopo adat tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay memastikan Musda XI Golkar Kabupaten Jayapura dilaksanakan di Pendopo Adat Sereh, Kampung Sereh, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura pada Sabtu, 12 September 2020.

“Kami sudah putuskan lewat rapat DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura. Oleh sebab itu, waktu dan tempat pelaksanaan Musda kali ini, berdasarkan kesepakatan bersama pada rapat pengurus tersebut,” tandas Yanto Eluay, saat ditemui wartawan media online ini di Pendopo Adat Sereh, Kampung Sereh, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (11/9/2020) malam.

Yanto meminta agar tempat Musda Golkar Kabupaten Jayapura tidak lagi dipolemikan. Sebab, dipastikan digelar di Pendopo Adat Sereh yang juga merupakan Sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura.

“Tra usah dipolemikan lagi soal itu ya, karena yang pasti itu digelar di pendopo adat ini,” ujarnya.

“Sehubungan adanya polemik tentang tempat pelaksanaan Musda disini, bahwa ini memang pendopo adat. Tapi, disini juga merupakan sekretariat Partai Golkar Kabupaten Jayapura. Jadi sejak saya mendapat SK sebagai pelaksana tugas atau Plt Ketua Partai Golkar pada tahun lalu itu, pendopo adat ini menjadi sekretariat untuk Partai Golkar Kabupaten Jayapura,” sambung pria yang juga Ondofolo Kapung Sereh.

Yanto menyampaikan, dari ketua ke ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, bahkan mereka yang pernah menjabat ketua maupun pengurus DPD, tidak pernah menyiapkan sekretariat untuk Partai Golkar Kabupaten Jayapura.

“Oleh sebab itu, saat diberikan mandat sebagai Plt Ketua Partai Golkar, saya berinisiatif tempat (pendopo adat) ini menjadi Sekretariat Partai Golkar Kabupaten Jayapura,” bebernya.

Pendopo Adat yang berada di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua itu telah terbukti banyak melahirkan pemimpin-pemimpin besar dan juga keputusan-keputusan besar.

“Dari tempat (pendopo adat) ini pernah menghasilkan kader-kader Golkar menjadi pemimpin ya, seperti Jap Solossa, Barnabas Suebu, Izak Hindom dan terakhir adalah alarhu Habel Melkias Suwae itu diatur dari sini. Oleh sebab itu, saya berpikir untuk mengembalikan kejayaan Golkar tempo dulu. Nah, kita kembali dari tempat yang pernah memajukan partai Golkar,” imbuhnya.

“Selain itu, saya mau tegaskan bahwa dari tempat (pendopo adat) ini juga menghasilkan keputusan-keputusan besar, salah satunya adalah Otsus. Oleh karena itu, saya pertegas lagi bahwa, tempat ini pernah membuktikan lahirnya pemimpin besar dan juga keputusan besar,” tambahnya.

Terkait polemik tempat pelaksanaan Musda, Putra Kedua dari Almarhum Theys Hiyo Eluay ini mengatakan, itu merupakan hal biasa yang sering terjadi. Sehingga dirinya berharap kepada kader Partai Golkar agar sebelum mengambil sebuah tindakan harus di pahami terlebih dahulu, hal apa yang mau dilakukan. Supaya tidak terjadi persoalan di kemudian hari.

“Oleh sebab itu, kepada teman-teman kader Golkar yang tidak setuju dengan pelaksanaan Musda Golkar di tempat ini, kami mohon agar berpikir lebih obyektif. Bahwa semua ini dilakukan demi kemajuan partai Golkar,” katanya.

“Adanya beberapa kader yang merasa keberatan, saya merasa hanya dinamika politik dan mereka juga mungkin belum paham, bahwa dari sejak saya ditetapkan sebagai ketua Plt DPD Partai Golkar, untuk sementara saya jadikan Pendopo Adat Sereh ini sebagai sekertariat Golkar,” pungkasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here