Habel Melkias Suwae Sebagai Pemimpin Kharismatik, Kaya Inovasi dan Hati Yang Melayani, Oleh : Andi Gobay

0
165
Setelah mendengar kabar Duka Bapak Habel Melkias Suwae, sejumlah akun Facebook, Twitter Group WhatsApp serta Instragram Warga Kabupaten Jayapura, Tabi dan sebagin masyarakat Papua cukup terkejut, mendengar kabar Duka tersebut. (ISTIMEWA)

Habel Melkias Suwae Sebagai Pemimpin Kharismatik, Kaya Inovasi dan Hati Yang Melayani.

Oleh : Andi Gobay

Setelah mendengar kabar Duka Bapak Habel Melkias Suwae, sejumlah akun Facebook, Twitter Group WhatsApp serta Instragram Warga Kabupaten Jayapura, Tabi dan sebagin masyarakat Papua cukup terkejut, mendengar kabar Duka tersebut. Rasa Duka atas kehilangan Sang Pencetus Gagasan Pemberdayaan Distrik dan Kampung Bapak Habel Melkias Suwae atau HMS mrk upload di sejumlah media sosial.

Dari Laporan netizen, Warga Kabupaten Jayapura & warga Papua lain yang berada di Kabupaten Jayapura, melakukan aksinya dengan cara dan gaya secara spontanitas dengan Melambaikan Daun Kurma/Palem dan mengalaskannya di Jalan Tanda Duka dan kehilangan Sang Tokoh Papua dari Negeri Matahari Terbit. Dan sebagian masyarakat Kabupaten Jayapura lain yang berdiri di pinggir jalan raya sebagai bentuk penghormatan kepada Almarhum.

Tentu Sosok HMS Kebanggaan Masyarakat Di Bumi Kenambai Umbai yang telah torehkan Prestasi Besar dengan tercatat Tinta EMAS dalam setiap masyarakat Tabi khususnya Kabupaten Jayapura.

Pengakuan beberapa akun media sosial bahwa Terdengar Suara Tangis Sepanjang jalan mengiringi Kepergian Sang Pencetus Gagasan Pemberdayaan Distrik dan Kampung itu.😭😭.

Seakan Harapan,Impian dan Cinta mereka letakkan di Pundak Sang Tokoh Besar HMS untuk memberikan Cahaya dan senyum di wajah mereka namun semua hilang dan lenyap.

Aksi Warga Papua di Jayapura sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap jasa besar HMS ketika beliau menjabat sejumlah jabatan di Indonesia, mulai Dari Kabupaten Jayapura sampai staf khusus di kementerian Penanaman Modal Republik Indonesia.

Sosok HMS sayapun pernah menemui kurang dari tiga kali, dan saya memperoleh sejumlah kesan dr HMS. Saya menilai HMS sebagai Kepala Daerah (waktu itu), beliau juga sebagai Best motivator, dan Inovator.
Inovasi2 yg populer yaitu, Pemberdayaan Distrik dan Kampung. Tanpa ada riset dari lembaga pendidikan atau lembaga riset lainnya, dengan penuh risiko beliau cetuskan gagasan besar dan benar pemberdayaan Distrik dan Kampung.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Diatrik dan Kampung, bukan sebagai sebagai sebuah konsep semata tetapi beliau memberikan sejumlah kewenangan dan Anggaran yang turunkan ke distrik dan Kampung agar di distrik dan Kampung berkreasi dan merumuskan program kerja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Masyarakat di Distrik dan Kampung.
Gagasan ini kemudian sebagai sebuah gagasan yang dinilai sebagai sebuah model pembangunan yang diterapkan di sejumlah daerah maupun ditingkat Nasional. Selain Inovasi beliau Pemberdayaan, Inovasi2 populer lainnya adalah Kebijakan Penanaman Kakao di Kabupaten Jayapura.

Penanaman Kakao sebagai sebuah program Produktif bagi para Petani Kakao, HMS memiliki Visi yang besar dan panjang. Alasan beliau setiap warga masyarakat menana Kakao adalah, suatu kelak, masyarakat di kabupaten Jayapura yang berpotensi tanaman kakao suatu waktu masyarakat memperoleh pendapatan yang jelas dan Pasti.

Nama besar Habel Melkias Suwae tercatat dengan Tinta EMAS di Jayapura.
Dari laporan netizen bahwa Hati ini sangat sedih😭. Mereka menuliskan b
Perjuangan itu harus berhenti hari ini😭😭😭😭😭😭😭🙏🙏🙏

Ketua KPU Kabupaten Dogiyai, Andrias Gobai, S.Sos.,MA (Foto Pribadi)

Kita Semua BERDOA agar Tuhan Berikan Pemimpin yang Roh Kepemimpinannya sama seperti Bapak HMS…yang memiliki Hati untuk Memberdayakan, Hati untuk menyentuh rakyat dan Kasih untuk melayani😭
Bapak Habel Melkias Suwae, kami Yakin, Diterima dan disambut Para Kudus di Surga. (Penulis Adalah Anfdreas Gobay, selaku Komisioner Ketua KPU Dogiyai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here