Wabup Piter Gusbager  Komitmen Dukung Swasembada Beras di Keerom

0
192

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat melakukan kunjungan ke Kantor sekaligus Gudang Primer Koperasi Pelangi Papua, di Jalan Poros Arso Swakarsa, Selasa (18/8/20). (Arief /LPC)

Kunjungi Gudang Beras Primer Koperasi, Saksikan Pengeringan Gabah Hingga Beras Kemasan

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menunjukkan komitmennya untuk terus memberikan dukungan kepada upaya-upaya terwujudnya Kabupaten Keerom menjadi swasembada pangan khususnya beras. Orang nomor dua di pemerintahan Kabuapten Keerom ini melakukan kunjungan ke kantor sekaligus gudang beras Primer Koperasi Pelangi Papua, di Jalan Poros Arso Swakarsa-Yuwanain, Selasa (18/8/20).

Dalam kunjungan kali ini, Wakil Bupati disambut oleh Ketua Primer Koperasi Pelangi Papua, Sudiono dan jajaran. Wabup menyaksikan proses pengeringan atau penjemuran gabah yang baru saja dipanen dari petani di Kampung Kriku, Distrik Arso Timur.

Selanjutnya Wabup juga menyaksikan gudang gabah dimana disitu ditampung gabah dari Distrik Skanto. Ia juga melihat proses pengemasan beras kedalam kemasan karung siap jual dari ukuran 10 Kg dan 15 Kg. Wabup nampak puas dari kunjungan tersebut.

Usai kunjungan tersebut, Wabup kepada wartawan menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas pemerintah untuk melayani masyarakat dan mitra-mitranya. Ia juga menilai Primer Koperasi Pelangi Papua, adalah salah satu mitra yang menjadi perhatiannya karena ia melihat komitmen dan Pelangi Papua dalam mendukung dan membina petani agar memiliki sawah dan berhasil mendukung terciptanya Keerom sebagai lumbung padi bahkan swasembada padi.

‘’Saya melihat Pelangi Papua memiliki komitmen untuk mendukung visi kami, yaitu terciptanya lumbung beras dan swasembada pangan secara umum termasuk pangan local seperti sagu, ubi dan pisang,’’ujarnya.

Wabup juga mengemukakan keyakinan Keerom dengan didukung semangat dan anak muda yang memiliki komitmen maka tema Indonesia Maju juga akan membuat Keerom Maju. ‘’Saya akan terus dukung Primer Koperasi Pelangi Papua tetapin juga petani dan gapoktan, beras dan benih local organic, tanpa bahan kimia dan pemutih, maka beras dan bibit padi varietas trisakti sudah bisa diperoleh saat ini,’’pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Primer Koperasi Pelangi Papua, Sudiono, mengemukakan mengemukakan bahwa tujuan utama dari kegiatan mereka adalah terbukanya lapangan kerja, serta Keerom memiliki ketahanan pangan khususnya beras dan menjadikan keerom sebagai lumbung beras yang mendukung ketahanan pangan nasional dan untuk menanggulanggi kekurangan pangan di Papua dan Indonesia dewasa ini.

‘’Melalui koperasi kami akan terus membina agar masyarakat kedepan tetap bisa dan memiliki kemampuan menanam padi, mencetak generasi penerus yang terus menanam padi, kita akan bina petani mulai dari bibit, cara tanam, rawat hingga produksi dan pemasaran,’’ujarnya.

Sampai saat ini sesuai rencana di Skanto dan Kriku, Arso Timur, sudah ada ratusan hektar sawah dengan total petanin yang terlibat ada 60 petani di Kriku dan 225 petani di Skanto. ‘’Kita cukup gembira dengan hal ini, meski hasilnya belum menutup ongkos produksi namun ini sudah membuktikan bahwa ada produksi beras yang dihasilkan dari program Pelangi Papua yang didukung Wakil Bupati Keerom dan yayasan Ketahanan Pangan nasional,’’pungkasnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here