Ada di Tangan Allah

0
671

Ada di Tangan Allah

Kiriman dari:
Bangaran Pasamboan

“Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apa pun yang dihadapinya.” (Pengkhotbah 9:1)

Pemeriksaan pengkhotbah atas kehidupan, diperolehnya bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dengan perbuatan-perbuatannya ada di tangan Allah. Sebenarnya semua orang ada di tangan Allah tetapi bagi orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dalam arti khusus, yaitu bahwa mereka diberkati, dilindungi, dituntun, dirahmati dengan segala yang terbaik.

Perbuatan-perbuatan orang-orang benar dan orang-orang yang berhikmat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kasih dan kebencian.

Orang benar dipertentangkan dengan orang jahat dan orang berhikmat dipertentangkan dengan orang bodoh dalam arti tidak setia kepada Allah. Dan orang benar adalah juga orang berhikmat selama yang dimaksudkan bukanlah hikmat duniawi.

Kasih orang benar adalah kepada semua orang dan kebenciannya bukanlah kepada orang melainkan pada kejahatan sebab ia adalah orang benar; pada segala dosa sebab ia adalah orang berhikmat.

Manusia tidak mengetahui apa pun yang dihadapinya menandakan bahwa manusia harus selalu berpikir tentang bagaimana ia tetap menjadi orang benar-orang berhikmat jika saja akhir dari segalanya di dunia ini tiba pada saat mana pun.

“Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN, petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir.” (Mazmur 119:33). (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here