Tingkatkan Destinasi Wisata Kampung, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan

0
144
Ilustrasi Atraksi seni budaya Papua di Festival Danau Sentani 2018. (Dok. Perwira Management)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pariwisata adakan pelatihan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di bidang destinasi wisata Kabupaten Jayapura, bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/8/2020).

Pelatihan yang diadakan selama sehari ini diikuti oleh para pelaku wisata di kampung.

Tingkatkan Destinasi Wisata Kampung, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan. (Irfan /LPC)

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo menuturkan kegiatan pelatihan yang dilakukan pihaknya itu dalam rangka memberikan penyegaran-penyegaran kembali kepada para pengelola destinasi wisata yang ada di kampung.

“Jadi kegitan ini bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada pengelola destinasi wisata. Supaya para pengelola destinasi wisata ini bisa lebih semangat untuk menggelorakan destinasi wisata mereka yang ada di kampung masing-masing,” ucapnya.

Kata Joko Sunaryo, kegiatan yang dilakukannya itu sasaranya di kampung, sehingga pada pelatihan kali ini di hadiri oleh sebagian besar masyarakat kampung. Yang mana, kampungnya menjadi tempat destinasi wisata saat ini yang sudah dikelola dengan baik, yakni salah satunya Kampung Yoboi.
“Dalam pelatihan ini kami undang beberapa kampung yang destinasi wisatanya sedang dikelola, agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini mereka yang datang mewakili kampung masing-masing itu bisa kembali ke kampungnya, untuk menerapkan ilmu-ilmu yang sudah kami berikan kepada mereka pada pelatihan ini,” paparnya.

Untuk itu, dirinya berharap melalui pelatihan ini, semoga para perwakilan kampung ini bisa kembali mengembangkan destinasi wisata yang ada di kampungnya dan juga menerapkan inovasi-inovasi baru yang bisa berkembang.

“Kami harap apa yang diterima para persera bisa di aplikasikan di kampungnya. Karena dengan adanya pariwisata maju di kampung, tentunya secara tidak langsung ekonomi masyarakat di kampung juga bisa maju dan berjalan dengan baik,” harapnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here