Peringati Hari Pramuka Ke-59, Kwarcab 2603 Jayapura Gelar Ziarah di Makam Tokoh Pramuka

0
119

Ketua Kwarcab 2603 Jayapura Alex R. Dusay, SH, bersama beberapa pembina maupun pengurus Kwarcab Jayapura mengadakan ziarah ke makam tokoh Pramuka, Jumat (14/8/2020). (Irfan /LPC)

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) 2603 Jayapura menggelar ziarah dan tabur bunga di makam tokoh Pramuka yang tersebar di 13 Distrik se-Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk penghargaan dan juga penghormatan atas jasa-jasa tokoh Pramuka yang telah berkontribusi demi kemajuan Pramuka di Bumi Khenambay Umbay.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, Alex. R. Dusay, SH, Jumat (14/8/2020) kepada wartawan media online ini usai kegiatan ziarah.

Sebelum prosesi ziarah dan tabur bunga, digelar renungan di makam tokoh Pramuka yang diikuti beberapa pembina dan pengurus Kwarcab Jayapura yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, Kak Alex Dusay.

Alex menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan karena ada anjuran dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, bahwa untuk upacara bendera di peringatan Hari Pramuka ditiadakan. Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini dilakukan merupakan bentuk kepedulian Pramuka terhadap tokoh (pembina) yang telah membantu Gerakan Pramuka di Kabupaten Jayapura.

“Sekarang kan masa pandemi Covid-19 ya, jadi kita tidak boleh kumpul-kumpul dalam jumlah banyak seperti peringatan Hari Pramuka tahun-tahun sebelumnya. Kalau di tahun sebelumnya itu kami di Kwarcab 2603 Jayapura wajib pasti melaksanakan upacara bendera Hari Pramuka setiap tanggal 14 Agustus,” katanya.

“Kita telah melaksanakan ziarah ke makam tokoh atau pembina Pramuka di Kabupaten Jayapura sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada mereka, atas jasa-jasanya yang telah memajukan Gerakan Pramuka di daerah ini,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura.

Alex berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencontohi keteladanan, perjuangan dan juga pengabdian yang di lakukan para tokoh Pramuka semasa hidupnya, sedangkan kepada generasi muda yang merupakan sosok yang masih memiliki kesempatan untuk membina diri, mengabdi dan mengukir prestasi, perlu di pelihara dengan cara memberikan contoh suri tauladan baik sebagaimana yang pernah di lakukan para tokoh-tokoh Pramuka tersebut.

Alex yang juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura menambahkan, acara rangkaian peringatan Hari Pramuka di Kwarcab 2603 Jayapura selain ziarah ke makam tokoh Pramuka juga di langsungkan renungan dan pemberian jalinan kasih kepada pembina-pembina Pramuka yang sudah lansia maupun kepada keluarga dari pembina (tokoh) Pramuka yang telah wafat.

“Kami juga melaksanakan peduli kasih kepada pembina Pramuka yang sudah lansia maupun yang sudah mendahului kita. Kita datangi rumah-rumah tokoh Pramuka untuk menemui keluarganya untuk memberikan bantuan jalinan kasih kepada mereka. Guna tetap menjalin persaudaraan yang selama ini sudah dibentuk oleh Pramuka, kebersamaan kita dalam Gerakan Pramuka Kwarcab Jayapura,” paparnya.

Alex berharap, dengan ziarah ke makam tokoh Pramuka, para anggota Pramuka Kabupaten Jayapura khususnya dan generasi muda umumnya dapat mencontoh semangat tokoh Pramuka tersebut, untuk kemajuan Pramuka Kabupaten Jayapura. Karena peran merekalah yang menciptakan para generasi penerus pemimpin bangsa yang berkarakter, berkepribadian yang luhur, dan selalu menumbuhkan kesetiakawanan dan cinta tanah air. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here