Gema Kemerdekaan Indonesia di Papua : Hiasi Jalan Lingkungan, IRT di Perumahan Joko Indah  Gelar Fashion Show

0
494
Perumahan BTN Joko Indah ketika memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (ISTIMEWA)
Nampak ibu-ibu di Perumahan BTN Joko Indah ketika memperlihatkan hasil karya busana dari daur ulang sampah yang akan digunakan saat fashion show nanti dalam memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (Irfan /LPC)

*Juga Hiasi Jalan Lingkungan Dengan Berbagai Warna dan Motif Gambar

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 75, ibu rumah tangga (IRT) yang ada di Perumahan BTN Joko Indah Blok F, RT 02/ RW 07, Jalan Yahim, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menggelar lomba fashion show dari limbah yang juga melibatkan warga.

Banyak hal yang dilakukan warga setempat untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75, salah satunya ibu-ibu yang begitu bersemangat untuk menggelar fashion show.

Fashion show yang akan diadakan oleh ibu rumah tangga di Perumahan BTN Joko Indah ini menggunakan bahan daur ulang sampah plastik seperti karung beras dan koran.

Koordinator Ibu-ibu di Blok F Perumahan BTN Joko Indah, Etta Etama mengatakan, bahwa kegiatan fashion show yang akan diadakan ini untuk memanfaatkan barang bekas atau limbah plastik.

Hal tersebut dilakukan karena ibu-ibu yang ada di Blok F Perumahan Joko Indah ini mengedukasi warga khususnya anak-anak agar bisa memanfaatkan limbah menjadi hal bermanfaat.

Perumahan BTN Joko Indah di Kabupaten Jayapura, ketika hiasai lingkungan memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (Irfan /LPC)
Perumahan BTN Joko Indah di Kabupaten Jayapura, ketika hiasai lingkungan memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (ISTIMEWA)

“Kami akan adakan lomba fashion show, dan busananya sudah siap. Itu (busana) dari bahan daur ulang dari karung beras, terus pake koran dengan plastik. Jadi lomba fashion show ini akan kita adakan di puncak HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus nanti,” ujar Etta saat ditemui sejumlah wartawan baik itu media cetak maupun online lokal Papua, kemarin.

Tahun 2020 ini lanjut Etta, pihaknya mengajak seluruh warga setempat untuk berpartisipasi bersama.

“Selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 75, kami juga berkeinginan mengedukasi masyarakat bahwa sampah juga bisa di daur ulang dan di manfaatkan. Jadi kita semua warga RT 02 RW 07 yang ada di Blok F Perumahan BTN Joko Indah ini bersama-sama ikut partisipasi dalam peringatan HUT RI tahun ini,” sambungnya.

Selain itu, Etta juga mengungkapkan bahwa untuk memeriahkan HUT RI ke 75 warga setempat bersama-sama mempercantik jalan masuk lingkungan tempat tinggal mereka yang diberi cat warna-warni dengan motif berbagai macam bentuk gambar.

“Sebagai warga negara tentunya kami harus patut memperingati HUT RI. Oleh karena itu, kami turut serta untuk memperingatinya. Yang mana, kami akan memperingatinya dengan kegiatan yang bisa kami lakukan, yakni menghias lingkungan jalan kita dengan berbagai pernak-pernik dan berbagai macam bentuk gambar yang kami beri cat warna-warni di sepanjang jalan masuk lingkungan perumahan kami RT 02 Blok F BTN Joko Indah,” imbuhnya.

Perumahan BTN Joko Indah di Kabupaten Jayapura, ketika hiasai lingkungan memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (ISTIMEWA)
Perumahan BTN Joko Indah di Kabupaten Jayapura, ketika hiasai lingkungan memperingati HUT RI Ke 75 tahun 2020. (ISTIMEWA)

“Apa yang telah kami buat ini, sumber dananya itu hasil sumbangan sukarela dari warga yang ada di lingkungan RT 02 Blok F BTN Joko Indah. Dan, sumbangan ini merupakan kesepakatan bersama pada saat rapat yang kami lakukan sebelumnya,” tukas Etta.

Sementara itu, salah satu Ibu Ruah Tangga (IRT) di Blok F Perumahan BTN Joko Indah, Agusta Ferdinandus menyampaikan, pengecatan jalan lingkungan selain berdasarkan inisiatif warga dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke 75, tetapi juga untuk memberikan rasa nyaman kepada anak-anak agar betah di lingkungan rumah. Hal ini dilakukan untuk anak-anak dapat dengan mudah mengenal warna dan juga betah bermain di lingkungan rumah.

“Kita ini ibu-ibu kan kalau malam suka duduk-duduk kumpul-kumpul di jalan, sehingga kami sepakat menghias jalan lingkungan kami dengan cat warna-warni. Supaya jalan lingkungan kami ini penuh dengan motif berbagai macam bentuk gambar. Jadi ini semua kami lakukan berdasarkan inisiatif warga disini dalam menyambut HUT kemerdekaan RI dan juga buat anak-anak kami betah di rumah,” kata Agusta.

“Dengan adanya jalan llingkungan warna-warni ini sangat membantu kami ibu-ibu dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak kami. Karena jalan yang dihias ini penuh dengan berbagai warna dan motif gambar, sehingga anak-anak dapat belajar tentang memilih warna yang tepat. Selain itu, ada juga tentang pembelajaran matematika yang ditulis di samping jalan dengan menggunakan cat warna seperti perkalian, pertambahan, pengurangan dan pembagian. Sehingga selaku orang tua, kami dapat memberikan pelajaran yang sederhana namun sangat menyenangkan bagi anak-anak kami,” tandasnya. (Irf / LINTASPAPUA.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here