42 Nama Calon DPR Papua Jalur Pengangkatan Dalam Waktu Dekat Akan Diserahkan Kepada Gubernur

0
228

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – 42 nama calon anggotan Dewan Perwakilan Rakyat Papua jalur pengangakatan 14 kursi dalam waktu dekat ini akan diserahkan gubernur Papua Lukas Enembe. Ke-42 nama itu akan diserahkan Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

“Hanya tinggal menunggu pansel kasih naik 42 nama ke gubernur,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua, Musa Isir, S.Sos., MP., di Jayapura, Senin (20/7/2020).

Ditambahkan, Gubernur Lukas Enembe akan memilih 14 nama dari 42 yang diajukan pansel. Dan selanjutnya akan diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “28 orang cadangan, Jadi ini sudah final, tinggal pansel serahkan ke pak gubernur saja,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, jika gubernur memiliki kewenang memilih 14 nama dari 42 yang diajukan. Dan itu sesuai dengan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pengisian Keanggotaan DPR Papua yang Ditetapkan Melalui Mekanisme Pengangkatan 14 Kursi.

“Tinggal tunggu prosesnya surat keputusan kemendagri. Paling satu atau dua hari pansel akan sampaikan 14 nama ke pak gubernur,” ucapnya.
“Kemarin sebenarnya sudah berangkat kesana, tapi karena wabah corona jadi belum sempat. Satu dua hari ini akan disampaikan ke gubernur. Dan gubernur akan menunjuk 14 orang,”katanya menambahkan.
(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here