Yotam Wakum SH.,CPLC., CPCLE Calon bupati kabupaten supiori periode 2020-2025. (ISTIMEWA)

BIAK (LINTAS PAPUA) –   Yotam Wakum, selaku bakal calon Bupati Supiori melakukan jumpa pers terkait proses pendaftaran awal, jalur perseorangan pada tanggal 23 Febuari 2020.

“KPU Supiori tidak menjalankan tugas dengan baik, profesional dan benar, sehingga disengketakan ke Bawaslu Kabupaten Supiori dan sudah dinyatakan lolos, dan memenangkan sengketa tersebut,” ujar Yotam Wakum, saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Sabtu (10/7/2020).

Dijelaskan bahwa standar syarat dukungan untuk jalur perseorangan bakal Cabup Yotam Wakum – Ferry Mambenar saat itu sudah memenuhi syarat namun ketika tanggal 22 – 24 April 2020 setelah pengecakkan ulang, terjadi masalah di KPU Supiori. Dan kami tempuh jalur hukum untuk mencari keadilan. Ucapnya.

“Kami dinyatakan tidak lolos oleh KPU, terjadi penghilangan data syarat dukungan sehingga kami dinyatakan oleh KPU tidak lolos. Sehingga kami tempuh jalur hukum,” ujar  Yotam Wakum.

Yotam wakum mengatakan, terkait hal tersebut, saat ini sudah ditahapan pidana dan DKPP, terhadap komisioner KPU Supiori.

Cabup Kabupaten Supiori Jalur perseorangan Yotam Wakum – Ferry Membenar berharap KPU bekerja dengan baik, jujur dan profesional. Penyelenggara Pilkada Kabupaten Supiori harus menjalankan tugas ini secara baik, bermartabat dan bertanggungjawab. Kerja jujur, tidak boleh main-main dan tidak boleh menjalankan perintah orang. Tetapi harus menjalankan perintah  undang – undang.

“Yang terjadi di kabupaten supiori adalah terbalik, menjalankan perintah orang, bukan menjalankan perintah UU,” ucapnya.

Yotam berharap, KPU harus bertanggung jawab terhadap sengketa yang sementara berjalan. Harus jujur mengatakan salah untuk yang bersalah dan juga katakan benar ketika itu benar.

Yotam wakum menjelaskan,  bahwa dari tahapan awal, tanggal 23 april itu kami sudah dipersulit, di permasalahkan syarat dukungan. Padahal diakuinya dari sisi administrasi cabup yotam dan ferry, sudah sangat jauh, lebih dari yang di minta 1.588 untuk calon perseorangan.

“Kami sudah di persulit dari awal. Ini sudah yang ke tiga kali kami sengketakan ke Bawaslu Supiori, dan sudah masuk tahap pidana.

Sementara itu, cabup yotam dan ferry yang merasa diperlakukan tidak adil sejak awal oleh KPU Supiori tetap optimis, dikatakan bahwa walaupun sering dipersulit dari awal namun ini menjadi kekuatan baginya untuk tetap maju, tidak akan pernah mundur. Bahkan jika gagal melalui jalur perseorangan cabup Yotam dan Ferry akan maju melalui jalur dukungan partai.

“Tuhan pasti buka jalan bagi saya. Saya mendapatkan dukungan, permintaan masyarakat untuk maju. Ini merupakan keinginan masyarakat saya. Dan saya akan lakukan yang terbaik, bukan sebagai bupati nanti nya tetapi sebagai pelayan, melayani masyarakat secara baik. Karena selama ini mereka, masyarakat kabupaten Supiori merindukan sosok pemimpin yang bisa berada bersama, berada di kampung-kampung tuk mendengar keluhan mereka. Ada tangisan dikampung -kampung, bagaimana seseorang bisa merubah kehidupan mereka, merubah kabupaten supiori lebih baik kedepan,” tuturnya.

Yotam juga berharap Kepada masyarakat pendukung agar bisa tetap tenang, jaga keamanan, jangan lakukan hal-hal yang merugikan. Tetap kita tunggu, ikuti proses hukum yang sedang berjalan.

“Siapapun yang melakukan ketidakadilan, kejahatan di tanah ini, Kabupaten Supiori yang merupakan tanah injil, harus dilawan. Tuhan pasti buka jalan,” tandasnya mengakhiri keterangan pers. (Insos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here