JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Fokus pengamanan Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyiapkan 2.577 personel gabungan untuk mengamankan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Dalam keterangan persnya usai pertemuan dengan penyelenggara Pemilu yang dikemas dalam coffe morning di Mapolda Papua, mengatakan Ribuan personel ini akan disebar di 11 daerah yang menyelenggarakan Pilkada.

“Pada prinsipnya Polri dibantu TNI siap mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di 11 kabupaten di Papua, 9 Desember mendatang. Kekuatan yang kami rancang atau disiapkan dalam rangka Pilkada ini 2.577 personel untuk 11 kabupaten,” kata Kapolda, Selasa (7/7/2020).

Kapolda memaparkan, personil yang akan disiapkan meliputi, 813 personil Polda Papua, 627 personel BKO TNI dan 500 personel Brimob Nusantara. Selain aparat TNI dan Polri, Polda Papua juga melibatkan 7.174 personel dari Perlindungan Masyarakat (Linmas).

“Jadi ada bantuan dari TNI juga, kemudian untuk Brimob Nusantara, nanti kami akan minta ke bapak Kapolri,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi menyatakan, TNI siap membantu Polri dalam pengamanan Pilkada di Papua.

“Saya mewakili bapak Panglima menyampaikan komitmen kami TNI bahwa kita bersinergi dengan Polri dan stakeholder lain siap mengawal dan mengamankan pesta demokrasi Pilkada Papua 2020,” tegasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan kekuatan sekitar 2.500 personel baik dari jajaran Kodam maupun Korem 172/Praja Wira Yakthi, Korem 173/Praja Vira Braja dan Korem 174/Anim Ti Waninggap hingga TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

“Kita bertanggung jawab menertibkan masyarakat yang nanti mengikuti pesta demokrasi ini agar tetap aman dan tidak menambah jumlah positif Covid-19,” ujarnya.

“Sekali lagi kami juga berperan dalam sosialisasi dan penertiban serta pendisiplinan terkait protokol Covid-19,” terangnya.

Selain itu dirinya menyatakan kesiapan TNI dalam rangka mendukung dan membantu distribusi logistik Pemilu ke daerah terpencil maupun daerah kepulauan.

“Kami siap membantu hal-hal penting seperti distribusi logistik dengan alutsista yang ada baik Kodam Lanud maupun Lantamal, kami siap apabila dibutuhkan,” pungkasnya.  (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here