Hadirnya LTP, Terbentuk Dari Kelompok Panitia Natal Anak Papua di Jakarta

0
310
Lembaga Transformasi Papua (LTP). Richard (LPC)
Lembaga Transformasi Papua (LTP). Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) — Pada Tahun 2017, tiga tahun yang lalu, sekelompok anak-anak Papua, baik yang berstudi, bekerja, bertugas, hingga berdomisili di Jakarta, tergerak diri dan hati mereka untuk membuat sebuah perayaan natal di perantauan, dengan semangat, ” Perayaan Natal Papua se-Jabodetabek”.

Perayaan natal Papua se-Jabodetabek itu pun terlaksana,16 Desember 2017, di Jakarta, dengan tema, “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu” (Kolose 3:15), yang merupakan tema sentral natal 2017, yang diberikan oleh Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI).

Demikian dikatakan oleh Ketua Lembaga Transformasi Papua (LTP), Alex Silas Ick, S.Sos, MT.

Ketua LTP Alex Silas Ick itu berkisah, kepada Lintas Papua.Com, Minggu 5 Juli 2020 mengatakan, setelah mereka tergerak hati untuk membuat natal Papua. Maka mereka membentuk panitia natal, yang terkonsulidasi dari grup whatsapp (grup WA) dengan nama, “Peranyaan Natal Papua”.

Melalui WA grup itulah, lahir ide dan gagasan untuk terlaksananya perayaan natal Papua di Jakarta.

Sebut Alex, pantia natal Papua sudah terbentuk, tema natal sudah ada, tinggal sub tema natal yang belum ada. Maka panitia merumuskan, dan jadilah sub tema, ” Damai Natal Mempersatukan Kita Untuk Melakukan Transformasi Papua, Menghadirkan Shalom Allah Memberkati Papua dan Menjadi Berkat Bagi Indonesia, dan Bangsa bangsa”.

“Oleh tuntunan roh kudus maka ditemukan kalimat “Transformasi Papua”. Karena panitia natal melihat, tema natal 2017 yaitu Kolose 3 ayat 15 menyebutkan, “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu”. Yang pada judulnya, Rasul Paulus menulis tentang, “Manusia Baru,” kata Ketua Lembaga Transformasi Papua (LTP) itu.

Setelah perayaan natal Papua se-Jabodetabek, 16 Desember 2017, di Jakarta, Alex Silas Ick menuturkan, masuk Januari 2018, mereka bersepakat untuk tidak membubarkan diri dan menutup grup WA natal, demi mewujudkan sub tema natal itu. Maka nama grup WA, yang sebelumnya bernama “Peranyaan Natal Papua 2017”, diubah menjadi “Forum Transformasi Papua (FTP). Dan Kemudian masuk 2019, dalam berbagai diskusi, mereka sepakat dan merubah lagi nama grup WA dari “Forum Transformasi Papua”, menjadi “Lembaga Transformasi Papua,”.

“Setelah perayaan natal Papua 2017 di Jakarta, kami panitia natal yang terkonsolidasi lewat grup WA perayaan natal Papua, bersepakat untuk tidak membubarkan diri dan menutup grup WA natal, demi mewujudkan sub tema natal yang kami buat. Maka nama grup WA, yang sebelumnya bernama “Peranyaan Natal Papua 2017”, kami ganti menjadi “Forum Transformasi Papua (FTP). Dan Kemudian masuk 2019, dalam berbagai diskusi, kami sepakat dan merubah lagi nama grup WA dari “Forum Transformasi Papua”, menjadi “Lembaga Transformasi Papua,”ujar Ketua LTP Alex Silas Ick.

Itulah sekilas tentang lahirnya organisasi Lembaga Transformasi Papua (LTP), yang lahir dari sebuah perayaan natal Papua di Jakarta 2017, yang digagas oleh anak-anak Papua, yang bermula dari grup WA, 19 November 2017 sebagai ruang komunikasi dan konsulidasi untuk terlaksananya sebuah perayaan natal Papua di Jakarta. (Richard/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here