Ketua tim gugus covid-19 Pegubin, Yeremias Tapyor, S.Km., saat diwawancara. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam kesepakatan bersama semua pihak baik Pemerintah Daerah (Pemda) bersama tokoh agama, pemuda, adat, TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Pegubin tentang pemberlakukan akses pelayanan pesawat penumpang dalam menghadapi tatanan normal baru yang di rencanakan buka Rabu, (1/7/2020) akhirnya di undur hingga Kamis 2 Juli 2020.

Ketua tim gugus covid-19 Pegubin, Yeremias Tapyor, S.Km menjelasakan sesuai hasil kesepakatan bersama pada 13 Juni lalu telah di sepakati bersama bahwa mulai tanggal 1 Juli 2020 akses pelayanan penumpang akan di buka untuk 14 hari percobaan atau masa inkubasi dan akses penerbangan khususnya pelayanan penumpang dari jayapura tujuan oksibil hanya menggunakan Trigana Air Service.

“Sedangkan untuk penerbangan lain seperti Ama, Maf, Adven dan jenis pesawat perintis lainnya yang tujuan distrik belum ada kesepakatan bersama sedangkan untuk tujuan oksibil aksesnya kami sudah buka mulai tangal 1 Juli tetapi hanya 14 hari sesuai dengan kesepakatan kami yakni dalam satu minggu hanya dua kali penerbangan bukan setiap hari,”jelasnya.

Dirinya juga menuturkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari dan ke Oksibil pihaknya sudah memerintahkan seluruh anggota tim untuk melakukan pengawasan secara ketat bagi calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dari Jayapura tujuan Oksibil maupun sebalaiknya dengan menyipakan tempat posko untuk memebrikan pelayanan bagi calon penumpang berdasarkan protap yang berlaku.

“Ada dua posko yang kami siapkan yakni posko di Jayapaura dan di Oksibil, kedua posko ini akan bertanggung jawab mengawasi penumpang yang hendak melakukan perjalanan tujuan oksibil dan sebaliknya,” katanya.

“Tim kami telah siagakan dan pada tanggal 30/6 kemarin kami sudah memintah mereka untuk membuka akses pelayanan bagi calon penumpang, dan hari ini memasuki hari kedua, dan ternyata antusias masyarakat yang hendak melakukan perjalanan cukup tinggi sehingga terus kami mengawasi dan memantau serta mengarahkan masyarakat untuk terus mengedepankan protap kesehatan yang berlaku,”pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here