PORTLAND (LINTAS PAPUA)  – Dua group project yang beranggotakan salah satu Mahasiswa asal Papua bernama Elia Musa Rawar atau dikenal dengan Elmus Rawar dimasukkan sebagai referensi di dua Buku berbeda dalam Bidang Technology (Roadmapping Future dan Innovation Management).

 

Selain itu penulis/editor dari kedua buku tersebut dan department dimana Elia sedang menjalani studi magister-nya ini baru saja di diakui sebagai penulis paling berpengaruh dalam 50 tahun sejarah Peramalan Teknologi dan Perubahan Sosial.

Selain project yang berhasil di publish di buku teknologi di Amerika. Siswa penerima Beasiswa Pemda dengan Program 1000 Doktor ini pada 14 Juni minggu lalu baru saja menyelesaikan program magister dan di wisuda dengan Gelar Magister of Science dalam bidang Engineering and Technology Management dan Graduate Certificate dalam bidang Project Management. Dengan begitu Sumber daya manusia orang asli papua bertambah dalam bidang Manajemen Teknologi dan Teknik.

 

Elia merupakan penerima beasiswa BPSDM sejak 2010 yang dikirim Pemda Papua mengikuti program persiapan Perkuliahan di Karawaci di bawah naungan Surya Institute.

 

Setelah itu, Elia Musa Rawar melanjutkan studi S1 nya ke China pada Tahun 2011 dan lulu dengan gelar Sarjana Teknik (B.Eng ) dalam bidang Mechatronics (Mesin dan Elektro). Setelah lulus S1 dia sempat bekerja di perusahaan Semen CONCH dan mengabdi di Universitas Cenderawasih selama satu tahun sebelum melanjutkan studi S2 nya di Amerika Serikat.

 

Selain mengejar ilmu dan cita-cita nya pemuda asal Biak yang lahir dan dibesarkan di Jayapura ini sangat aktif dalam Berorganisasi. Dia pernah menduduki jabatan President Komunitas Mahasiswa Indonesia di kota Shenyang China (PPI Tiongkok) dan terakhir menduduki jabatan sebagai presiden juga di tempat ia menyelesaikan program S2 sebagai President Komunitas Mahasiswa di Portland Oregon (PPI Amerika).

 

Dengan pengalaman berorganisasi nya yang sempat mengunjungi beberapa negara seperti malaysia sebagai Delegasi salah satu negara eropa dalam kegiatan bertaraf internasional yang dikenal Model United Nation (AYIMUN 2019).

Elia Musa Rawar sekarang menjalankan misi-misi sosial yang akan di kolaborasikan dengan background teknologinya di papua.

 

Salah satunya adalah dia mendirikan Organisasi yang dikenal sebagai Papua Next Generation dimana organisasi  ini akan bertujuan mendidik Masyarakat Papua untuk mempunyai gaya hidup berkelanjutan atau Sustainable focus mereka adalah mengedukasikan masyarakat yang tinggal di pinggiran danau, sungai, pantai dan gunung untuk menjaga lingkungan mereka dengan mempraktekkan gaya Hidup Reuse-Reduce-Recycle atau daur ulang sampah.

 

Misi dia berikut yang akan Elia Musa Rawar  akukan adalah Membuat sebuah Yayasan Pendidikan yang mengajarkan atau mendidik serta meningkatkan kemampuan pemuda-pemudi papua dalam berinovasi dalam bidang technology.

 

Elia Musa Rawar  bercita-cita akan membuka Tech House atau rumah Teknologi dimana tempat ini sebagai tempat anak papua berkarya dalam bidang teknologi.

Elia harap pemerintah dapat mendukung niat baik dirinya,  agar dari sini kita dapat menciptakan atau menggagas generasi emas Papua dalam bidang teknologi yang dimana merupakan bidang yang iya telah pelajari sejak S1.

 

Elia Musa Rawar mempunyai kerinduan untuk memajukan standar teknologi di papua menjadi lebih baik. Agar semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari teknologi dalam kehidupan sehari – hari. Satu hal yang Elia Musa Rawar percaya bahwa anak-anak Papua pasti bisa berbuat apa saja selagi ada niat dan keyakinan pasti semua bisa dijalankan. (***)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here