Kabid Humas Polda Papua : Kami Minta Masyarakat Hormati Putusan Tujuh Terdakwa Makar

0
207

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Komisaris Besar Ahmad Mustofa Kamal mengimbau kepada masyarakat di tanah Papua tidak melakukan aksi unjuk rasa pasca putusan hakim atas tujuh terdakwa kasus makar di Pengadilan Negeri Balikpapan pada Rabu, (17/6/2020) besok.

Ia mengatakan, aksi ini rawan memicu gangguan keamanan dan penyebaran Covid-19.

“Kita meminta kepada seluruh masyarakat Papua untuk menghormati proses hukum itu sendiri, jika nanti setelah penetapan keputusan dan ada pihak yang merasa keberatan berhak mangajukan banding, namun tetap tidak melakukan aksi unjuk rasa,” katanya di Jayapura, Selasa, (16/6).

Di masa pandemi covid-19 sambung Kamal, diminta agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat.

Dirinya menyebutkan, pada prisnsipnya pihaknya akan berupaya melakukan pengamanan di seluruh daerah. Karena putusan besok bukan final namun masih ada proses hukum lainnya.

Menurut Kamal, pada satu sisi warga yang merasa di rugikan akibat dari aksi kekerasan di kota Jayapura dan beberapa kota lainnya di Papua mereka juga harus dipikirkan.

“Jadi perilaku melawan hukum harus diminta pertanggung jawaban dan korban saat terjadi kerusuhan harus juga di perhatikan,” ujarnya.

Disinggung soal pengamana jika terjadi aksi masa, Kamal menegaskan, personil Polda telah disiapkan guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan.

“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak melakukan mobilisasi masa kerena jangan sampai peristiwa 2019 terulang kambali di tahun 2020,” kata Kamal.

“Karena pengalaman pahit ini sangat kita rasakan baik di kota Jayapura, dan beberapa kota lainnya di Papua,” ujarnya.

Pihaknya berharap situasi Papua tetap aman kondusif, dari peristiwa pahit itu menjadi pembelajaran bagi kita semua.

“Kami harap setelah pemutusan kepada 7 terdakwa nanti tidak ada aksi masa, tetapi bisa melalui media dialog supaya lebih tenang,” pungkas Kamal. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here