JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menjelang perpanjangan penerapan pembatasan aktivitas masyarakat untuk 14 hari kedepan, kasus positif Covid-19 (Coronavirus) di Kabupaten Jayapura bertambah 1 pada Rabu (3/6/2020). Total kasus positif Covid-19 menjadi 74 kasus, tambahan satu kasus ini sama dengan hari sebelumnya atau Selasa (2/6/2020) yang juga bertambah 1 kasus positif, padahal sebelumnya sudah tidak ada penambahan kasus positif selama tiga hari sejak tanggal 28 Mei hingga 30 Mei 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.kes, menyebutkan, satu kasus merupakan seorang tahanan Polresta Jayapura Kota. Menurut Khairul Lie, pasien positif baru ini adalah warga Kabupaten Jayapura yang saat ini ditahan di Rutan Polresta Jayapura Kota. Pasien ini tidak pernah dirawat di RSUD Youwari dan dilakukan pemeriksaan swab kemudian positif Covid-19.

“Tambahan satu kasus ini adalah tahanan Polresta Jayapura Kota, cuma alamat di Sentani-Kabupaten Jayapura. Jadi dia itu tahanan, karena dia itu tahanan dari Polresta Jayapura Kota dan bukan ditangani di rumah sakit Youwari,” kata Khairul Lie yang juga Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 (Coronavirus) Kabupaten Jayapura ketika dihubungi wartawan harian ini via telepon seluler, Rabu (3/6/2020) malam.

“Yang mana, dia diperiksa disana kemudian di lakukan swab, lalu positif Covid-19. Cuma alamatnya di Sentani atau memiliki KTP Kabupaten Jayapura, tepatnya di daerah Komba,” sambungnya.

Sebagai Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, kasus positif Covid-19 tidak ada tambahan di akhir bulan Mei 2020 lalu selama tiga hari sejak tanggal 28 Mei hingga 30 Mei 2020 lalu.

Jumlah pasien sembuh pada hari Rabu (3/6/2020) ini masih tetap 33 orang, dari 73 kasus positif Covid-19 menjadi 74 kasus. Sedangkan, kasus positif dalam perawatan di rumah sakit menjadi 41 kasus atau sekitar 55 persen.

“Jumlah kasus meninggal tidak ada atau masih nihil. Semoga sampai seterusnya tidak ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia,” kata Khairul Lie.

Untuk diketahui, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 136 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 83 orang dan tes PCR sebanyak 1.303. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here