JAYAPURA (LINTAS PAPUA)   – Hasil Hering Pucuk Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Jhony Banua Rouw, SE., bersama Tim Akademisi Uncen Pembuat Perdasi Covid-19 pada 14 Mei lalu, Perdasi Covid 19 atau Bencana Non Alam, Usulan DPR Papua Disetujui Fokopimda Papua mendapat Respon Positif dari Berbagai Unsur Pimpinan Daerah di Provinsi Papua,  saat melakukan evaluasi Penangulangan Covid-19 di Swisbel Hotel Jayapura Rabu (20/5/2020).

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tanal mengatakan bahwa Pemda Papua sangat mendukung dengan Pokok Pikiran Pimpinan DPRP Jhony Banua Rouw,SE terkait Pembuatan Perdasi Covid-19 atau Bencana non Alam untuk itu akan sesegera mungkin bersama semua Pihak terutama DPRP dan Tim Akademisi Uncen mulai minggu depan akan dilakukan Pembahasan Perdasi Covid-19 atau bencana non alam agar kedepannya kalau ada Peristiwa serupa kita di Papua suadah mempunyai Perangkat aturan yang mengikat,” ujar Wagub Papua, Klemen Tinal.

Sementara itu,  Kepala Kejakasaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo, SH merespon Pembuatan Perdasi Covid-19 bagi Provinsi Papua yang di Usulkan Kader Partai Nasdem Jhonny Banua Rouw, agar dapat menjadi dasar untuk aparat penegak hukum melakukan penindakan bagi Setiap orang yang melanggar.

Hal senada Juga datang dari Ketua Pengadilan Negeri Klas I Jayapura Khamim Thohari, SH.Hum mengatakan bahwa Untuk menekan Penyebaran Covid-19 di Papua, kita tidak bisa memakai Peraturan Gubernur, karena tidak ada Landasan hukum saat di Pengadilan harus ada aturan baku Seperti Perdasi atau Perdasus yang memberikan efek jera bagi warga yang melanggar agar dapat di sidangkan.

Dukunngan yang sama Juga datang dari Polda Papua Kombes Pol,Gatot Hariwibowo Karo Ops mewakili Kapolda mengatakan bahwa Persoalan covid-19 ini tidak bisa di Pandang remeh lagi harus ada tindakan serius dari Pemerintah kalau tidak Pemerintah bisa kewalahan atasi Penyebaran virus ini caranya dengan di berlakukannya Peraturan yang bisa mendisiplikan Warga, Ia memberikan contoh Seperti Surabaya Penyebarannya begitu drastis hingga membuat Ibu Risma Kewalahan menanganinya.

Usai Rapat Evaluasi Covid-19 Provinsi Papua, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE.,  mengatakan bahwa dirinya Sangat bersyukur kepada Tuhan, karena semua pimpinan sepakat untuk menyelamatkan Rakyat Papua dengan mendukung di Buatnya satu Peraturan daerah yang dapat memproteksi Masyarakat di Papua dari bencana Non alam nantinya.

“Perda tersebut Juga akan di berikan kewenangan lebih kepada Aparat keamanan,” ujar Kader Nasdem Papua, Jhony Banua Rouw. (Andrew/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here