JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Korem 172/PWY dan lingkungannya, Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi dan seluruh anggota Makorem, Denintel Dam XVII/Cenderawasih , Denkesyah, Denpal, Denhubrem dan Ajenrem beserta keluarganya melaksanakan rapid test covid-19 bertempat di Makorem 172 Padangbulan Abepura, yang diikuti juga oleh masyarakat di sekitar Korem 172/PWY pada hari pada Jumat, (22/5).

Kegiatan tersebut sebagai langkah yang di ambil Korem 172 untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus corona di lingkungan prajurit dan keluarganya serta masyarakat yang tinggal di sekitar asrama Korem 172/PWY. Jumlah seluruhnya yang melaksanakan rapid test adalah sejumlah 723 orang.

“Hari ini kami melaksanakan rapid test untuk seluruh anggota Makorem yang berjumlah 312 prajurit dan 198 istrinya, Balak Aju Korem dan satuan yang terdekat yaitu Denintel Kodam XVII/Cenderawasih beserta istrinya, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi prajurit, terkait dengan penanganan covid-19, sehingga kami bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya. Yang sehat harus tetap sehat, dan yang sakit harus kembali sehat”, tegas Danrem.

Disamping itu Korem 172/PWY juga membagikan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, karena memang covid-19 sangat terkait erat dengan daya tahan tubuh, apabila daya tahan tubuh kuat maka dapat terhindar dari virus ini.

Lanjutnya, Danrem juga menekankan untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, dengan melaksanakan oleh raga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat, sehingga akan terbangun kondisi daya tahan tubuh yang kuat.

“Kita unsur pimpinan akan terus mendorong prajurit kita untuk dapat memahami bahaya dari virus covid-19 ini, dan mengerti bagaimana cara mengatasinya. Hal ini sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh pemerintah bahwa kita jangan panik tetapi harus bisa mengendalikan diri untuk mematuhi himbauan pemerintah dalam social distancing, pakai masker, serta rajin mencuci tangan, dan tetap tinggal di rumah, sehingga kita bisa mengendalikan virus covid-19 ini”, terang Izak.

Masyarakat di sekitar Makorem sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat melaksanakan rapid test di Makorem 172, sehingga mereka dapat mengetahui apakah terpapar virus corona atau tidak. Hal tersebut disampaikan oleh Niriyasanya, seorang ibu hamil salah satu masyarakat yang tinggal di belakang Makorem 172/PWY.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Korem 172 karena sudah memberikan kesempatan kepada warga masyarakat disini, boleh memeriksakan diri untuk mengetahui apakah kami ini positif corona atau tidak,selama ini kami berfikir bahwa kami harus periksa dimana, kami khawatir karena ada berita yang kami dengar atau nonton bahwa ada yang positif OTG(orang tanpa gejala), jadi sekali lagi terima kasih banyak kepada Korem 172 yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk memeriksakan diri disini”, ungkapnya.

(Pendam XVII/Cenderawasih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here