Infografis perkembangan kasus Covid-19 Kabupaten Jayapura update tanggal 20 Mei 2020 pukul 18.00 WIT. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 (Coronavirus) Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes, kembali mengumumkan penambahan pasien terkonfirmasi positif Coronavirus Disease (Covid-19), pada Rabu (20/5/2020).

Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura itu menyebutkan, ada penambahan 7 pasein terkonfirmasi positif, sehingga saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura 64 orang (kasus).

“Pada hari ini kami melaporkan ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura sebanyak 7 kasus, sehingga total kasus menjadi 64 kasus,” ujar Khairul Lie.

Berikut sebaran 7 kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura hari ini:
1. Y168, jenis kelamin perempuan dewasa dari BTN Citra Buana yang merupakan laporan RSUD Youwari
2. Y200, jenis kelamin laki-laki dewasa dari BTN Citra Buana yang merupakan laporan RSUD Youwari
3. Y218, jenis kelamin laki-laki, usia 42 tahun dari Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani yang merupakan laporan dari RSUD Youwari

“Sedangkan tiga pasien postif baru lainnya merupakan tahanan di Polresta Jayapura Kota, yang memiliki alamat atau tempat tinggal di Sentani, Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

“Untuk tiga pasien positif baru ini, kami masih melakukan pendekatan atau tracing dengan pihak kepolisian, terutama di Polresta Jayapura Kota tentang kepastian alamat atau tempat tinggal dari ketiga pasien atau tahanan tersebut, sehingga kita bisa melakukan tracing terhadap mereka. Tetapi, kami memperkirakan ketiga tahanan ini kemungkinan tertular di dalam rutan di Polresta Jayapura Kota, sehingga saat ini kami belum bisa melakukan tracing terhadap kontak dari tiga tahanan tersebut,” sambung Khairul Lie.

Sedangkan, satu pasien positif baru lainnya, kata Khairul Lie, itu merupakan hasil tracing bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Yakni, seorang mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan keluar dan langsung dilakukan rapid test ternyata reaktif, kemudian dilakukan PCR juga dinyatakan positif, sehingga saat ini sudah dirawat di rumah sakit.

“Jadi saat ini 4 pasien yang terkonfirmasi positif, sedang dirawat di rumah sakit Youwari maupun di ruamh sakit yang ada di Kota Jayapura. Kemudian untuk ketiga tahanan yang terkonfirmasi positif itu direncanakan akan dikirim ke rumah sakit jiwa, untuk mendapatkan Penanganaan medis disana,” singkatnya.

Pada hari ini Khairul Lie juga mengumumkan terdapat 3 kasus dinyatakan sembuh. Sehingga hari ini ada 23 kasus yang telah dinyatakan sembuh di Kabupaten Jayapura.

“Yang dirawat saat ini ada 41 orang, dan pasien yang sembuh hari ini kami laporkan ada penambahan 3. Sehingga total pasien yang sembuh menjadi 23 orang,” ucapnya.

“Saya ucapkan selamat kepada semua pasien dan juga keluarga atas kesembuhannya. Tetap lakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan,” tukas Khairul Lie. (Irf)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here