JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam situasi pandemik covid-19, sangat diperlukan kemandirian pangan lokal, Pemerintah Provinsi Papua mencanangkan peningkatan perekonomian masyarakat yang lebih baik di kawasan adat Mamta melalui sektor pertanian, perikanan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM khususnya pengembangan komoditi unggulan seperti sagu, kakao, budidaya perikanan dan peternakan yang akan dilaksanakan di kampung Yokiwa, Kabupaten Jayapura.

Terkait dengan hal itu, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Izak Pangemanan menyampaikan pihaknya siap membantu pemerintah provinsi Papua dan juga masyarakat untuk mewujudkan tujuan tersebut.

“Kami dari Korem 172/PWY siap untuk membantu kapan saja, kami siap membantu apa saja yang dibutuhkan, kami juga bisa menjadi fasilitator untuk menjembatani kepada pihak-pihak yang bisa membantu”, ujar Izak saat rapat perdana membahas program bantuan provinsi Papua bertempat di kampung Yokiwa, Kabupaten Jayapura, Selasa (19/5).

Menurutnya, kampung Yokiwa merupakan suatu wilayah yang sangat cocok untuk dijadikan contoh atau model sebagai kampung mandiri. Dengan lahan yang begitu luas merupakan potensi yang sangat besar untuk dikelola.

“Rencana ini akan sia-sia bila masyarakat tidak memiliki semangat untuk memajukan kampung ini. Kesempatan yang diberikan oleh pemerintah provinsi harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk lebih maju karena tidak semua daerah mendapatkan peluang besar seperti ini”, kata Danrem.

Pihaknya berharap, peran generasi muda di kampung Yokiwa ini lebih besar. “Kalian adalah generasi penerus bangsa dan juga generasi yang akan terus memajukan kampung Ini sebagai kampung percontohan yang mampu mandiri tanpa bantuan dari pemerintah. Kalian juga akan diberi pelatihan khusus dalam bidang pertanian, perikanan dan lain sebagainya yang terkait dengan rencana program ini”, ujarnya.

(Penrem172)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here