Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Gusbager, ST, saat melakukan pantauan terhadap proses panen ayam local di salah satu peternakan di Kampung Yammua, Arso VI, Jumat (15/5/20). (Arief /LPC)

Bertekad Untuk Jadikan Kabupaten Keerom Miliki Ketahanan Pangan yang baik

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Menunjukkan keseriusannya untuk menjadikan Keerom sebagai kabupaten yang memiliki ketahanan pangan yang baik, maka Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Gusbager, ST, melakukan rangkaian kunjungan ke beberapa lokasi.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Gusbager, ST, saat melakukan pantauan terhadap proses panen ayam local di salah satu peternakan di Kampung Yammua, Arso VI, Jumat (15/5/20). (Arief /LPC)

 

Setelah dibidang pertanian dan perkebunan, pada Jumat (15/5/2020), Wabup Keerom kembali melakukan pantauan langsung ke lokasi peternakan ayam lokal milik Anton, yang berlokasi di Kampung Yammua. Pada panen keduanya kali ini, pak Anton berhasil melakukan panen ayam local dari bibit sebanyak 4000 ekor ayam.

Wakil Bupati melihat dengan seksama proses penimbangan, dan pengangkutan ayam dari kandang peternak yang dilakukan mitra peternak yaitu dari PT Mitra Sinar Jaya. Ayam-ayam tersebut ditambang dulu untuk selanjutnya dimasukkan dalam boks yang kemudian ditumpuk dalam mobil pick up untuk dibawa ke tempat pemotongan di Jayapura.

Pemilik Peternakan ayam, Samuel Boli, kepada wartawan mengemukakan bahwa untuk panen kali ini adalah panen ayam yang kedua kalinya bagi ia dan keluarga. Ia mengaku cukup puas terhadap hasil panen kali ini meski diakuinya ada beberapa kematian ayam namun masih dalam taraf yang wajar.

‘’Kita memasukkan ayam yang kedua kali ini awalnya sebanyak 4.141 ekor bibit ayam, ada beberapa yang mati karena sakit namun saat ini dari pantauan karena ini masih proses penghitungan, saya cukup puas dengan hasil yang ada,’’ungkapnya.

Pada kesempatan kunjungan Wakil Bupati Keerom ke peternakannya tersebut, ia menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan perhatian tersebut. Ia juga berharap pemerintah keerom mendukung peternakan ayam local di Keerom karena saat ini prospek kedepan sangat baik. Satu kali panen menurutnya, bisa memperoleh pendapatan hingga Rp. 30 juta.

Sementara itu, tenaga lapangan dari Mitra peternak, Marcelinus, mengemukakan penilaiannya bahwa peternak di keerom memiliki potensi yang baik. Seperti yang ditunjukkan oleh pak Samuel, yang dari penggunaan pangan dan juga bobot panen ayam yang cukup baik.

‘’Prospek peternakan ayam lokal di Keerom cukup baik, menyangkut kendala, kita harap sebenarnya kandang itu jauh dari pemukiman, namun karena semakin jauh maka butuh sarana pendukung yaitu jalan maka kebanyakan peternak kesulitan maka ini yang kita harapkan dukungan pemerintah,’’ujarnya.

Sementera itu Wakil Bupati Keerom, mengemukakan bahwa dalam kunjungan kali ia melihat bahwa kemandirian petani / peternak di Keerom sangat luar biasa. Baik dari sector pertanian, perkebunan dan peternakan.

‘’Kali ini adalah rangkaian dari kunjungan kerja saya di beberapa lahan usaha baik pertanian padi, palawija, sayuran dan kali ini peternakan ayam local. Ini adalah sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap mereka, kita mau katakana bahwa mereka tidak berjuang sendiri, pemerintah akan hadir untuk memberikan bantuan agar usaha dan kerja yang mereka lakukan bisa berhasil dan memberikan nilai positif bagi keluarga, masyarakat dan kabupaten,’’ujarnya.

Ia juga mengemukakan, bahwa kedepan, maka model partnership atau kemitraan baik melalui koperasi atau badan usaha lain akan terus ditingkatkan. Karena dengan begitu maka bantuan pemerintah baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten akan mudah untuk disalurkan kepada petani atau peternak yang membutuhkan.

‘’Pemerintah juga akan berusaha meningkatkan tenaga-tenaga ahli yang kompeten baik di tingkat penyuluh maupun tenaga teknis lain agar bisa membantu para peternak dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang mereka hadapi,’’pungkasnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here