Kegiatan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) tentang pencegahan Covid-19 dan Narkoba yang digelar relawan anti Narkoba prioritas Papua di seputaran Yuwanain, Arso II, belum lama ini. (Arief /LPC)

Berlokasi di Arso II, menyasar keramaian warga yang melakukan aktivitas ekonomi

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk gerakan pencegahan pandemic Covid-19 dan Narkoba, maka relawan anti Narkoba prioritas Papua menggelar KIE atau komunikasi, informasi dan edukasi tentang Covid dan Narkoba. Kegiatan dilaksanakan diseputaran Yuwanain, Arso II, pada Kamis (14/5/2020) kemarin di beberapa titik.

Bersama relawan anti Narkoba prioritas Papua tersebut diantaranya Muhamad Qomarudin, SPd, MPd, juga ada Kasie P2M, BNNP Papua, Fatmawati, SH, juga ada 2 penyuluh Narkoba, yaitu Rizki Dwi Putriani, SKM dan Wisnu W Kuncoro.

Relawan Anti Narkoba prioritas Papua menggelar KIE atau komunikasi, informasi dan edukasi tentang Covid dan Narkoba. Kegiatan dilaksanakan diseputaran Yuwanain, Arso II, pada Kamis (14/5/2020) kemarin di beberapa titik. (Arief /LPC)
 Kegiatan KIE digelar diantaranya di depan BRI Cabang Arso, pasar Yuwanain, dan di beberapa titik lain di jalan poros Yuwanain, Arso II. (Arief /LPC)

Kegiatan KIE digelar diantaranya di depan BRI Cabang Arso, pasar Yuwanain, dan di beberapa titik lain di jalan poros Yuwanain, Arso II. Sasaran kegiatan adalah tempat keramaian warga yang terlihat masih melakukan aktivitas ekonomi di sekitaran Arso II.

Salah seorang relawan anti Narkoba, M. Qomarudin, kepada lintaspapua.com menjelaskan bahwa pada kegiatan KIE kali ini mereka melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk membantu pencegahan Covbid dan Narkoba. Diantaranya, kurangi interaksi dengan orang lain, jaga jarak fisik minimal 1 meter, perhatikan etika bersin dan batuk, wajib menggunakan masker saat keluar rumah.

Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau gunakan hands sanitizer, jaga dan tingatkan imunitas tubuh, jaga kebersihan minum air putih yang cukup, pilih makanan sehat dan bergizi. Lakukan olahraga teratur. Serta segera periksakan diri saat muncul gejala Covid-19.

‘’Selain itu, selama bekerja, belajar dan beribadah, dari rumah untuk selalu mengisi dengan aktivitas positif, selalu menjaga pola hidup sehat ddengan olahraga, makan bergizi dan menjauhi Narkoba,’’ujarnya.

Juga diharapkan agar waktu WFH saat ini digunakan untuk menjalin komunikasi efektif antara orangtua dan anak sehingga menjauhkan diri dari penyalahgunaan Narkoba.

‘’Kepada korban, pemakai dan pecandu Narkoba segera melaporkan diri ke BNN untuk direhabilitasi secara gratis. Saat ini bukan saatnya untuk diam dan bukan saatnya untuk takut, ayo bersama kita lawan Narkoba,’’pesannya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here