Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura Giat Bertindak Cepat Cegah Penyebaran Corona

1
433

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –Wakil Wali Kota Jayapura yang juga selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kota Jayapura terima kunjungan tim  Majelis Rakyat Papua (MRP) di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Jayapura, Kamis 7 Mei 2020.

“Kunjungan tersebut untuk menanyakan secara langsung kepada tim gugus tugas percepatan penanganan penyebaran covid-19 kota Jayapura, upaya yang dilakukan dalam menekan penyebaran covid-19 di Kota Jayapura,”kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru  MM.

Wakil Wali Kota Jayapura selaku ketua gugus tugas covid-19 Kota Jayapura, Ir H Rustan Saru MM, mengatakan kehadiran Tim pengawas dari MRP untuk mengetahui langka-langka yang dilakukan tim gugus tugas covid-19 kota Jayapura terhadap dampak akibat corona.

Selain itu, mereka juga ingen mengataui, bagaimana cara penanganan penyaluran bantuan kepada warga akibat daripada penyebaran covid- 19 di kota Jayapura, juga mengusulkan apakah warga semua bisa di rapid test terkait penyebaran covid-19, dan kapan virus covid-19 akan berakir.

Wakil Wali Kota menjelaskan, dari empat pokja yang dibentuk, telah melakukan secara tugasnya bersama dalam rangka memberantas penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura. Baik dari sisi tracking atau penelusuran kontak pada warga kita yang positif bagi semua kalangan

“Termasuk melakukan rapid tes kepada pegawai, juga masyarakat kita yang bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak, Seperti penjual ikan, penjual sayur, penjual bakso, termasuk petugas kebersihan dan petugas parker kita rapid test,” kata Ketua Gugus Tugas.

Dari hasilnya ini, pokja penanganan akan melakukan tugasnya untuk menelusuri para warga yang di duga terinveksi coron untuk di karatina

“Merupakan tugas pokja penanganan kita mengkarantina mereka agar tidak bergerak kemana mana kita bantu, Ini yang telah kita lakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Jayapura,”jelasnya.

Dari pokja pencegahan, telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di semua lapisan dan titik di kota jayapura termasuk, menghimbau menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak melakukan ibadah di tempat Ibadah.

Selain itu, dijelaskan, untuk pokja pengamanan dan penegakan hukum, mereka bertugas mengamankan Intruksi Walikota berkaitan dengan jam operasional seluruh aktivitas, hingga pemberlakukan jam malam di kota Jayapura.

“Ini yang sudah mulai kita tertibkan mulai jam delapan malam di kota tidak boleh ada aktivitas lagi, karena kalau ada kita akan melakukan swiping dengan mengambil tindakan bagi pelanggar walau masih dalam tindakan persuasif,”ungkapnya.

Sementara Pokja Publikasi dan Komunikasi  telah dilakukan himbauan  diseluruh kota Jayapura hingga ke kampung-kampung tentang bahaya covid 19 dan bagaimana mengatasinya.

Dikatakan, Terkait adanya pembagian sembako yang tidak tepat sasaran, dijelaskan tim gugus tugas covid-19 telah membuka call center bagi warga di kota Jayapura yang belum mendapatkan sembako akibat dampak covid 19 dapat melapor dari jam 08.00 hingga 16.00 wit.

Pihaknya juga mengajak MRP untuk bersama sama saling membantu, saling mengawasih agar rantai penyebaran virus covid-19 segera dapat berakir di kota Jayapura. (Humas)

Anggota MRP yang hadir mengikuti rapat;

1. Edison Tanati / Ketua tim kota II

2. Toni Wanggai / Anggota

3. Benny Sweny / Anggota Tim

4. Amatius Ndatipits / Ketua tim kota I

5. Panus Werimon / Anggota

6. Albert Moyuend / Wakil Ketua Pokja Adat

7. Juliana Wambrauw / Anggota pokja perempuan

8. Markus Kajoi / Anggota

9. Jaram Wambrauw / Anggota

10. Natalia Kalo / Anggota

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here