DPRD Kab. Jayapura Harapkan Dana Bantuan Covid-19 Rp. 2 Miliar Difokuskan Kepada Pelayanan Masyarakat

0
180
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Patrinus R. N. Sorontou, saat diwawancara. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten jayapura menyumbangkan anggarannya untuk penanganan Covid-19 di Bumi Khenambay Umbay.

Perlu diketahui bahwa dana sumbangan yang berjumlah Rp 2 miliar itu sudah diserahkan DPRD Kabupaten Jayapura ke Pemkab Jayapura dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 (Coronavirus) Kabupaten Jayapura belum lama ini.

Terkait dengan itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Patrinus Sorontou meminta Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar bisa memfokuskan penggunaaan dana bantuan itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya ingin berikan penjelasan untuk sumbangan dua miliar ke guna penanganan Covid-19, bahwa Rp 1.650.000.000 (satu miliar enam ratus lima puluh juta rupiah) itu merupakan anggaran perjalanan dinas luar daerah dari 25 anggota dewan, sedangkan Rp 350.000.000 (tiga ratus lima puluh juta rupiah) itu merupakan anggaran dari staff di sekretariat dewan yang kami geser ke tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan Covid-19,” jelas politisi PDI-Perjuangan Kabupaten Jayapura ini kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Selasa (28/4/2020) kemarin siang.

Terkait mekanisme penggunaan anggaran tersebut, lanjut Patrinus, akan ditangani oleh eksekutif. Yang penting dana tersebut difokuskan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat.

“Kami minta dana Rp 2 miliar itu difokuskan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan dana itu dipergunakan dengan baik untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Mungkin ada bantuan-bantuan sembako atau bantuan lain kepada masyarakat, kalau soal penggunaannya saya kurang tahu. Karena itu dana sumbangan itu ditangani langsung oleh tim gugus tugas,” jelasnya.

Pria yang juga Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Jayapura itu menambahkan, dirinya lebih condong dana itu dipergunakan untuk membeli bahan makanan atau sembako.

“Kalau saya pribadi justru lebih condong ke sembako. Karena sekarang ini orang bukan bicara soal sabun, orang tidak bicara deterjen dan juga orang tidak bicara sabun mandi. Tapi, orang saat ini bicara soal makan. Bahkan tadi malam pun juga semua penjaga palang pintu atau portal, mereka menelepon saya menanyakan, ‘Bapa, kami disuruh jaga portal terus yang kasih makan anak dan istri kami siapa, apakah kami yang jaga portal harus kasih makan portal kah’,” kelakarnya.

“Nah, sekarang ketua RT/RW siapa yang menyuruh mereka jaga portal. Yang suruh jaga portal di setiap RT/RW, kelurahan/kampung dan distrik itu harus bertanggung jawab terhadap mereka yang jaga portal tersebut,” tambah Patrinus.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP, berharap anggaran yang telah diberikan itu agar dapat digunakan semaksimal mungkin oleh pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Sudah ada banyak bantuan sembako yang diserahkan oleh pemerintah, bantuan anggaran dua miliar ini juga kita harap dapat mendukung semua kinerja tim gugus tugas dalam proses pelayanan kepada masyarakat,” tukas politisi Partai NasDem ini. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here