Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame saat meninjau lokasi rencana rumah Sakit covid-19, di Koya barat, distrik muara Tami. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Antisipasi peloncatan kasus virus corona di Provinsi Papua, rumah sakit kota Jayapura yang berlokasi di Koya Barat, Distrik Muara Tami akan di persiapakan untuk menampung para pasien covid-19 (corona virus) kategori ringan dan sedang.

Meski rumah sakit tipe C ini belum selesai tetapi Pemerintah kota Jayapura dan Provinsi Papua bersepakat untuk menyelesaikan agar operasional bisa berjalan secepat mungkin.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame saat meninjau lokasi rencana rumah Sakit covid-19 mengatakan, setelah mengecek semua gedung maka, pemerintah kota dan Provinsi akan menghitung dan mendata segala jenis kebutuhan yang diperlukan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang digunakan dalam operasional daripada rumah sakit.

“Maka kemungkinan pada hari Selasa (31/3),kita rapat dan akan diputuskan kira-kira perlu berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk operasional dari pada rumas sakit. Ini sangat penting demi keselamatan dan keamanan dari pada pasien kita yang terinfeksi maupun yang dalam pengawasan dari pada covid-19 di Kota Jayapura, Provinsi Papua,” ujar Rustan, Sabtu (28/3/2020).

Dijelaskan Rustan, untuk mempersiapkan rencana rumah sakit covid-19 di Muara Tami ini nantinya akan di bagi tugas mana yang akan di tangani Pemprov Papua dan mana dari Pemkot Jayapura,

“Seperti kita lihat hari ini, disini belum ada air,nbelum ada listrik yang masuk maka itulah nanti tugas kita pemkot jayapura untuk melaksanakan tugas itu,” katanya.

“Untuk sisi peralatan yang teknis perlu didukung pemerintah Provinsi termasuk juga konstruksi non teknis, nanti kita akan berbagi agar betul-betul pembagian tugas ini bisa cepat kita optimalkan sehingga dua minggu kedepan sudah bisa kita gunakan,”jelasnya.

Sementara kepala dinas Provinsi Papua, Robby Kayame mengatakan, masalah penyebaran virus corona harus ditangani dengan sangat serius, sehingga dirinya berharap dengan adanya rumah sakit ini dapat mengatasi peloncatan kasus covid-19 di Papua.

“Untuk itu kalau di tempat ini jadi kami harapkan yang ringan dan sedang akan berobat disini sedangkan berat kami akan rujuk ke RSUD Dok II,” katanya.

“Saya juga harap dalam atau sampai dua minggu, semua persiapan clear (sudah selesai) semua sehingga ini bisa berjalan dan secara teknis kami akan rapat pada hari Selasa untuk berbicara siapa Kerja apa dan dimana itu,” ungkapnya.

Sebeb menurut Robby, lokasi rumah sakit sangat ideal karena berada jauh dari tempat keramaian. Bahkan ia akan melaporkan kepada kepada Gubernur Papua melalui Sekda Papua dan DPRP untuk sewaktu-waktu meninjau tempat ini. “Spaya kita mendorong sehingga rumah sakit covid-19 Provinsi Papua segera bisa operasional dalam waktu yang cepat,” tandasnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Walikota Jayapura dan wakil walikota yang telah menangkap masalah ini secara serius sehingga memberikan ruang buat pemerintah Provinsi Papua bekerjasama dengan Pemkot Jayapura untuk mempersiapkan Rumah Sakit covid-19 untuk provinsi Papua di bawah pengawasan kota Jayapura.  (Gracio / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here