Kepala Kelurahan Yobe, Agustinus Jitmau, S.IP, ketika memantau penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga yang ada di Kompleks Eks Pasar Lama Abepura, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (27/3/2020) kemarin siang. (Irfan /LintasPapua.Com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka melakukan pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Selama lima (5) hari berturut-turut telah melakukan penyemprotan Desinfektan di seluruh lingkungan Kelurahan Yobe.

Kepala Kelurahan Yobe,  Agustinus Jitmau, S.IP, ketika memantau penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga yang ada di Kompleks Eks Pasar Lama Abepura, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (27/3/2020) kemarin siang. (Irfan /LintasPapua.Com)

Kegiatan tanggap Coronavirus tersebut, selain pihak Kelurahan Yobe, dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT/RW dan masyarakat di Kelurahan Yobe, yang melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat fasilitas umum, tempat ibadah dan rumah warga serta sekolah.

Kepala Kelurahan Yobe, Agustinus Jitmau, S.IP, mengatakan, telah melakukan penyemprotan di lima (5) RW dari 10 RW yang ada di Kelurahan Yobe, seluruh wilayah kelurahan di 10 RW mendapat penyemprotan disinfektan.

“Ini adalah langkah pencegahan sesuai instruksi dari bapak Walikota Jayapura, sehingga kita aparat di tingkat Distrik dan Kelurahan bersama tim penanggulangan Covid-19, untuk bergerak melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum di Kelurahan Yobe,” ujar Agustinus Jitmau ketika dikonfirmasi wartawan media online ini, disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan ddi Kompleks Eks Pasar Lama Abepura, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (27/3/2020) kemarin siang.

“Penyemprotan disinfektan di tempat-tempat fasilitas publik itu, seperti di gereja maupun di masjid, perhotelan, sekolah-sekolah dan sekarang ini kami langsung lakukan penyemprotan di rumah-rumah warga,” sambungnya.

Dalam melakukan penyemprotan, pihak Kelurahan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dan juga diberikan obat untuk digunakan sebagai bahan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga yang ada di Kelurahan Yobe.

“Jadi, penyemprotan dimulai sejak hari Kamis (26/3) di RW 1 dan RW 2. Kemudian hari ini (kemarin) kita sudah lakukan penyemprotan di RW 03, RW 07 dan 08. Terus besok (hari ini) kita lanjutkan penyemprotan lagi di RW 04, RW 06, RW 05, RW 09 dan yang terakhir nanti di RW 10 untuk keseluruhan rumah-rumah warga yang ada di wilayah Kelurahan Yobe,” imbuhnya.

“Kami pastikan akan menyemprot secara keseluruhan dan juga akan melihat perkembangan selanjutnya, serta tidak menutupkemungkinan untuk penyemprotan ini akan terus kita lakukan terhadap rumah-rumah warga guna bersama-sama mencegah virus Corona ini,” tambahnya.

Untuk itu, Agustinus berharap kepada seluruh warga untuk mendukung pihak Pemerintah Daerah Kota Jayapura agar tetap tenag dan berada di rumah masing-masing. Selain itu, kepada para pelaku usaha yang ada di wilayah Kelurahan Yobe agar dapat mematuhi instruksi Walikota Jayapura soal pembatasan waktu aktivitas sehari-hari.

“Yakni, kita hanya buka dari pagi hari sampai jam enam (6) sore. Untuk kita bisa membatasi aktivitas pergerakan warga, sehingga kita tidak boleh saling kumpul-kumpul atau ada warga yang hendak membuat suatu acara pesta itu sementara ditiadakan dulu. Supaya kita semua bisa menjaga diri dan waspada, karena virus Corona ini sudah menyebar dan di Papua berdasarkan data laporan itu sudah meningkat menjadi 7 kasus,” harapnya.

Selain melakukan penyemprotan, pihaknya telah menyediakan cairan disinfektan di kantor Kelurahan Yobe.

“Kami pihak kelurahan juga telah menyediakan cairan penyemprotan disinfektan, sehingga kepada warga boleh mengambil cairannya di kantor Kelurahan Yobe. Batas maksimalnya untuk warga mengambil cairan disinfektan itu per KK sebanyak lima (5) liter,” ungkapnya.

Agustinus Jitmau selaku Kepala Kelurahan Yobe mengimbau kepada warganya untuk tidak panik dan selalu waspada, serta tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

“Kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, pakai masker, gunakan hand sanitizer, tidak banyak berkumpul dan mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here